PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT DENGAN KEPERCAYAAN DAN PENGETAHUAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ DAN SHADAQAH MUHAMMADIYAH (LAZISMU) SUMATERA SELATAN

Faisal Bimantara, Vera Putri Yuniar, Diah Isnaini Asiati

Abstract


AbstrakZakat merupakan poros keuangan dalam Islam. Indonesia yang memiliki penduduk mayoritas muslim seharusnya mampu menghimpun dan mengelola dana zakat dengan baik guna peningkatan kesejahteraan masyarakat, akan tetapi pengelolaan zakat selama ini dinilai kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dengan kepercayaan dan pengetahuan sebagai variabel intervening. Penelitian didesain secara asosiatif. Variabel yang digunakan adalah promosi, kepercayaan, pengetahuan, yang dihubungkan dengan keputusan keputusan membayar zakat. Populasi penelitian adalah sebanyal 100 muzakki di Lazismu Palembangyang diambil secarap purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Selanjutnya teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian membuktikan 1) promosi, kepercayaan, dan pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap keputusan muzakki membayar zakat 2) promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan muzakki membayar zakat, akan tetapi kepercayaan berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan muzakki membayar zakat 3) promosi berpengaruh signifikan terhadap pengetahuan dan pengetahuan juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan muzakki membayar zakat.

References


Aditra Surya Nugroho dan Akhmad Nurkhin. 2019. Peran Regulasi Pemerintah dalam Kajian Minat Membayar Zakat Melalui BAZNAZ. Sains jurnal Manajemen dan Bisnis 13(1)

Asiati, Diah Isanini dan Reza Nopriyansyah. 2021. Determinants of Zakat Behavior. International Journal of Business, Management & Economics Research 2(1)

Kotler, Philip Dan Keller, Kevin Lane. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Zulfadli Hamzah (2020). Pengaruh Pengetahuan Zakat Dan Kepercayaan Kepada Baznas Kabupaten Kuantan Singingi Terhadap Minat Muzakki Membayar Zakat. Jurnal Tabarru : Islamic Banking and Finance, Vol. 3 No. 1 2020: 2621-6833.

Fauzi, Fitria. Basyith Dencik, Abdul. Isnaini Asiati, Diah. 2019. Metodelogi Penelitian Untuk Manajemen dan Akuntansi: Aplikasi SOSS dan EViews untuk Analisis Data. Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat. 2018. Manajemen Pemasaran Jasa, Berbasis Kompetensi.

Jakarta: Salemba Empat.

Priansa, DJ. 2017. Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung:

Alfabeta.

Schiffman, Laon G; Kanuk, Leslie Lazar. 2008. Perilaku Konsumen, Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, Dan Keinginan Konsumen. Jakarta : PT Indeks

Setiadi, Nugraha J. 2015. Perilaku Konsumen. Jakarta ; Kencana Prenada Media Group

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :

CV Alfabeta.

Sugiyono, 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung : CV Alfabeta

Sumarwan, Ujang. 2017. Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor : Ghalia Indonesia

Tjiptono, Fandy. 2018. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Peenerbot Andi

Anonimous. 2019. Badan Amil Zakat Sumatera Selatan ( diakses : https://pid.baznas.go.id/sumatera-selatan/)

Statistik Zakat Nasional. 2018. Statistik Zakat (diakses : https://baznas.go.id/index.php/szn/statistik-zakat-nasional)

Direktorat Pemberdayaan Zakat Direktorat Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia. 2010


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Journal of Applied Management & Entrepreneurship is published by Management Studies Program, Faculty of Economics and Business, Muhammadiyah University of Palembang. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

INDEXED / ABSTRACTED

    BASE Logo      logo