PERANAN MUHANI MAHRAN DALAM MEMPERJUANGKAN DAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA DI BELITUNG

Yuliarni Yuliarni

Abstract


Salah satu tokoh yang memiliki peran penting dalam merebut kemerdekaan khususnya di Pulau Belitung yaitu Muhani Mahran. Ketika pada tanggal 10 April 1942 pulau Belitung diduduki oleh bala tentara Jepang, Muhani Mahran ditunjuk sebagai pengganti Wakil Asisten Residen untuk jangka waktu tiga bulan yang langsung bertanggung jawab kepada komandan militer Jepang. Metode penelitian yang digunakan metode sejarah (historical research) yang meliputi heuristik, kritik sumber: eksternal dan internal, interpretasi, historiografi. Jenis penelitian yang digunakan kajian pustaka. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Latar belakang Muhani Mahran dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan di Belitung, karena keprihatinnya terhadap masyarakat Belitung yang hidup dalam masa penjajahan kolonial. (2) Peranan Muhani Mahran dalam memperjuangkan dan mempertahankan baik dari pertempuran maupun partai politik. Muhani Mahran memperjuangkan dengan melakukan salah satunya membentuk Laskar Rakyat untuk mempersatukan rakyat Belitung serta mendirikan GORIB (Gabungan Organisasi Rakyat Belitung Indonesia). (3) Dampak dari perjuangan Muhani Mahran Mahran dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan republik Indonesia di Belitung dapat dilihat dari 3 dampak yaitu bidang politik, ekonomi, dan sosial budaya di Belitung.

Keywords


Muhani Mahran, Mempertahankan, Kemerdekaan, Republik Indonesia, Belitung.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Husnial Husin. 1983. Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia di Bangka Belitung. Jakarta: PT Karya Unipress.

Ba, Sanib Rosihan, dkk. Sejarah Perjuangan Rakyat Belitung 1924-1950. Belitung: Pemda Belitung.

Bahari Asin, 1987. Mengenal Kehidupan Adat Istiadat Suku Laut (Sawang) Pulau Belitung. Dinas Pendidikan dan Pariwisata Kabupaten Belitung: Belitung.

Gottschalk, Lois. 1986. Mengerti Sejarah. Jakarta: UI Press.

Poesponegoro, Marwati Djoened dan Nugroho Notosusanto. 2008. Sejarah Nasional Indonesia Jilid IV. Jakarta: Balai Pustaka.

Sahib, Rosihan. dkk. 1992. Sejarah Perjuangan Rakyat Belitung tahun 1924-1950. Belitung: Kantor Kearsipan dan Perpustakaan.

Shaffri, M H, dkk. 2008. Tokoh Perjuangan Republik Indonesia Sumatera Selatan. Palembang: Bintal Dam.

S, Yaan A.H. 1984. Sejarah Pulau Belitung. Halim, Amran, dkk.

Sejarah dan Peranan SUBKOSS dalam Perjuangan Rakyat.

Sumbagsel (1945-1950). Palembang: Bintal DAM.

Suyanto, Bagong dan Sutisna. 2005. Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.