PENGARUH PEMBERIAN JENIS KOMPOS LIMBAH PERTANIAN DAN PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (Brasica juncea L.) DI POLIBAG

Firnawati Sakalena

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mempelajari pengaruh jenis kompos limbah pertanian dan pupuk organik cair terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman sawi (Brasica juncea L.) di polybag. dilaksanakan di kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Baturaja di Baturaja. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Juni 2013. Sedangkan Rancangan metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan 12 kombinasi perlakuan dengan 3 ulangan sebagai kelompok dan masing-masing terdiri dari 3 tanaman contoh. Adapun perlakuannya adalah 1. Jenis Kompos Limbah Pertanian (K) dan 2 Jenis Pupuk Organik Cair (C). Hasil yang didapat adalah Perlakuan jenis kompos azolla berpengaruh terbaik terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman sawi. Perlakuan pupuk organik cair campuran limbah tanaman dan ternak berpengaruh terbaik terhadap peretumbuhan dan produksi tanaman sawi. Perlakuan interaksi antara jenis kompos azolla dengan pupuk organic cair campuran limbah tanaman dan ternak berpengaruh terbaik terhadap tinggi tanaman, jumlah daun dan indeks panen.

Keywords


Kompos, Limbah pertanian, Pupuk organik cair

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jk.v10i2.203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
klorofil by jurnal.um-palembang.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.