PENGARUH JENIS RAKIT LIMBAH BOTOL PLASTIK DAN JENIS PUPUK ORGANIK PADAT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (Brassica oleracea L. Var. alboglabra Bailey) DI LAHAN RAWA LEBAK YANG TERGENANG

Bambang Karya, Heniyati Hawalid, Erni Hawayanti

Abstract


Pengaruh jenis rakit limbah botol plastik dan jenis pupuk organik padat terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman sawi (Brassica oleracea L. Var. alboglabra Bailey) di lahan rawa lebak yang tergenang. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jenis limbah botol plastik dan jenis pupuk organik padat yang dapat menghasilkan pertumbuhan terbaik pada tanaman sawi (Brassica oleracea L.) di lahan lebak yang tergenang. Penelitian ini telah dilaksanakan di kebun petani Desa Saka Tiga Kecamatan Indralaya Kabupatan Ogan Ilir Sumatera Selatan, yang dimulai pada bulan Juni 2013 sampai dengan bulan September 2013. Penelitian ini menggunakan Rancangan petak terbagi (Split plot design) yang disusun secara faktorial dengan 9 kombinasi perlakuan dan 3 kelompok sebagai ulangan. Faktor- faktor yang diteliti dalam penelitian meliputi jenis Rakit plastik (R) yang terdiri dari : R1 = Rakit limbah botol plasik ukuran 300 ml, R2 = Rakit limbah botol plasik ukuran 600 ml, R3 = Rakit limbah botol plasik ukuran 1500 ml dan Jenis pupuk organik ( J ) yang terdiri dari : J1 = Jenis Pupuk Organik limbah tanaman, J2 = Jenis Pupuk Organik Plus, J3 = Jenis Pupuk Organik kotoran ayam. Peubah yang diamati dalam penelitian ini adalah tinggi tanaman ( 34,46 cm ), jumlah daun ( 11,26 helai ), berat produksi ( 118,81 g ), berat kering berangkasan ( 27,29 g ), dan indeks panen ( 73,16 % ). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa jenis rakit limbah botol plastik ukuran 600 ml dengan pemberian pupuk organik plus memberikan pengaruh terbaik terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman sawi (Brassica oleracea L.).

Keywords


Tanaman Sawi Var. alboglabra Bailey, Pupuk organik, Rakit limbah botol plastik, Lahan rawa lebak

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jk.v10i2.207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
klorofil by jurnal.um-palembang.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.