PENGARUH KONSENTRASI SODIUM NITROFENOL DAN LAMANYA PERENDAMAN BENIH TERHADAP PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN BIBIT KOPI ROBUSTA

Novianto Novianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui pengaruh berbagai konsentrasi sodium nitrofenol dan lamanya perendaman terhadap perkecambahan dan pertumbuhan bibit kopi robusta. Penelitian ini dilaksankan di Laboratorium dan Kebun Percobaaan Fakultas Pertanian Universitas Musi Rawas Sumatera Selatan , pada bulan Mei 2016 sampai bulan Juli 2016. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Lengkap untuk di Laboratorium dan Rancangan Acak Kelompok untuk di Lapangan yang disusun secara factorial dengna 3 ulangan dan 15 kombinasi perlakuan. Faktor pertama yang diteliti adalah 5 macam konsentrasi sodium nitrofenol, yaitu : S1 (konsentrasi sodium nitrofenol 0,3 ml.1-1 air), S2 (konsentrasi sodium nitrofenol 0,4 ml.1-1 air), S3 (konsentrasi sodium nitrofenol 0,5 ml.1-1 air), S4 (konsentrasi sodium nitrofenol 0,6 ml.1-1 air), dan (konsentrasi sodium nitrofenol 0,7 ml.1-1 air). Faktor kedua adalah lamanya perendaman benih, yaitu 3 macam : L1 (direndam selama 30 menit), L2 (direndam selama 60 menit) dan L3 (direndam selama 70 menit). Hasil penelitian pengaruh konsentrasi sodium nitofenol dan lamanya perendaman benih terhadap perkecmabahan dan pertumbuhan bibit kopi robusta Nampak berpengaruh tidak nyata terhadap parameter koefisien kecepatan berkecambah, persentase benih berkecambah dan pertambahan diameter batang. Tetapi konsentrasi sodium nitrofenol 0,5 ml.1-1 air (S3) dan lamanya perendaman benih 60 menit (L2) berpengaruh nyata terhadap parameter panjang akar. Sedangkan interaksi antara konsentrasi sodium nitrofenol 0,5 ml.1-1 air dengan lamanya perendaman benih selama 60 menit (S3L2) member pengaruh nyata terhadap pertambahan tinggi tanaman.

Keywords


Indeks dan perkecambahan, pertumbuhan bibit kopi robusta

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jk.v11i2.462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
klorofil by jurnal.um-palembang.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.