PENGARUH FORMULA DAN TAKARAN PUPUK ORGANIK PLUS TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT TANAMAN KARET (Hevea brasiliensis Muell. Arg.) STUM MATA TIDUR DI POLIBAG

Syafrullah Syafrullah, Henyati Hawalid, Yohanes Junianto

Abstract


Pengaruh formula dan takaran pupuk organik plus terhadap pertumbuhan bibit tanaman karet (Hevea brasiliensis Muell.Arg) stum mata tidur di polibag. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengaruh jenis formula dan takaran pupuk organic plus terhadap pertumbuhan bibit tanaman karet (hevea brasiliensis Muell.Arg) stum mata tidur di polibeg. Penelitian ini telah dilaksanakan Di Kebun Percobaan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang Di Kampus C Desa Pulau Semambu, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir. Dimulai dari bulan mei sampai juli 2015. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial dengan 12 kombinasi diulang sebanyak 3 kali dengan 3 tanaman contoh. Adapun perlakuannya sebagai berikut: Jenis Formula Pupuk Organik Plus: F1: Formula 1, F2: Formula 2, F3: Formula 3, Takaran Pupuk Organik Plus: T0: control. T1: 10 g/polibeg, T2:20 g/polibeg, T3: 30 g/polibeg. Peubah yang diamati dalam peneitian ini adalah Waktu Keluar Tunas (hari), Tinggi Tunas (cm), Terbentuknya Payung Pertama (hari), Diameter Tunas (cm), Jumlah Tangkai Daun (tangkai). Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian pupuk organic plus dengan takaran 30 g/ polibeg menghasilkan pertumbuhan terbaik pada bibit tanaman karet di polibag.

Keywords


formula, pupuk organik plus, bibit tanaman karet, polibag

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jk.v12i1.609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
klorofil by jurnal.um-palembang.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.