PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING (M-LEARNING) SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN ALTERNATIF DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN SISWA TERHADAP MATEMATIKA

Refi Elfira Yuliani

Abstract


Matematika merupakan subjek yang sangat penting dalam sistem pendidikan
di Indonesia. Karakteristik matematika yang abstrak di mata siswa, menjadikan
matematika kurang diminati. Akibatnya kemampuan siswa dalam matematika menjadi
rendah. Untuk meningkatkan minat dan kemampuan siswa terhadap matematika, maka
berbagai pengembangan inovasi model pembelajaran telah dilakukan oleh para pendidik
matematika dan P4TK (Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga
Kependidikan) Matematika Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat telah melahirkan sistem
pendidikan secara online, baik pendidikan formal atau non formal, dengan menggunakan
fasilitas internet. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses
belajar mengajar merupakan model pembelajaran alternatif yang dapat meningkatkan
kualitas pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran alternatif yang mulai
dikembangkan dalam sistem pendidikan di Indonesia adalah Mobile Learning. Mobile
Learning adalah sebuah model pembelajaran yang mengadopsi perkembangan teknologi
seluler dan perangkat HP (handphone), dimana teknologi ini dapat dimanfaatkan sebagai
sebuah media pembelajaran (P4TK Matematika, 2008). Dalam makalah ini akan dibahas
tentang pengembangan mobile learning (M-Learning) sebagai model pembelajaran
alternatif dalam meningkatkan minat dan kemampuan siswa terhadap matematika.

Keywords


Matematika, Model Pembelajaran Alternatif, Mobile Learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.