MENUMBUHKEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DAN LATIHAN

Yulis Setiawati Indah Purnamasari

Abstract


Berdasarkan laporan TIMSS dan PISA diperoleh bahwa kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa masih dalam kategori rendah. Hal ini disebabkan
oleh pembelajaran yang masih didominasi oleh guru. Siswa kurang diberi kesempatan
mengkonstruksikan pengetahuannya dan melakukan kegiatan bermatematika melalui
pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa melalui pembelajaran dengan metode penemuan
terbimbing latihan. Hasil penelitian menunjukanm bahwa kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode penemuan
terbimbing dan latihan lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Aktivitas siswa
selama pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing dan latihan berlangsung
dengan baik dan sangat aktif. Sebagian besar siswa berpendapat positif terhadap
pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing dan latihan. Maka berharapkan
kepada guru agar menjadikan salah satu alternative pembelajaran matematika di
sekolah.

Keywords


menumbuhkembangkan, pemecahan masalah, penemuan terbimbing, dan latihan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.