STUDI KOMPARATIF ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DAN TEBAK KATA (GUESSING WORD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH PALEMBANG

Aseptianova Aseptianova, Yetty Hastiana Hastiana, Erie Agusta

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan untuk mengetahui apakah
terdapat perbandingan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan tebak kata pada mata pelajaran
Biologi di SMA Muhammadiyah Palembang?. Materi pokok dalam penelitian ini
mengenai sel. Penelitian ini dilakukan di kelas XI semester I tahun ajaran 2012-2013
dan dilakukan didua sekolah yang berbeda, sekolah yang pertama di SMA
Muhammadiyah 1 Palembang sedangkan sekolah yang kedua di SMA Muhammadiyah
2 Palembang. Hipotesis penelitian ini adalah tidak ada perbandingan yang signifikan
antara hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan
model pembelajaran tebak kata dalam mata pelajaran Biologi di SMA Muhammadiyah
Palembang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
random sampling dengan metode penelitian desain randomize control group pre-test
post-test, instrumen penelitian ranah kognitif menggunakan tes, sedangkan untuk
instrumen ranah afektif dan psikomotorik menggunakan lembar observasi. Teknik
analisis data yang dipergunakan adalag paired sample t-test dan independent sample ttest. Hasil penelitian yang dapat penulis simpulkan adalah tidak ada perbandingan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT dan tebak kata pada pelajaran Biologi di SMA Muhamadiyah Palembang.

Keywords


model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dan tebak kata (Guessing Word), hasil belajar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.