Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Dengan Media Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Reproduksi Tumbuhan Lumut (Bryophyta) dan Paku (Pteridophyta) di Kelas X Sma Negeri 2 Palembang

Sri Rezki Agustini, Aseptianova Aseptianova, Nizkon Nizkon

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya mengelola pembelajaran Biologi yang bermakna, efektif, tidak membosankan, dan materi yang disampaikan dapat melekat di ingatan siswa sehingga akan memberi pengaruh positif untuk hasil belajara siswa. Seperti Model Think Pair Share (TPS) yang dapat mengembangkan kemampuan mengungkapkan ide dengan kata-kata secara verbal, membandingkannya dengan ide-ide orang lain, kemudian mengembangkan kemampuan untuk menguji ide dan
pemahamannya sendiri dan menerima umpan balik. Interaksi tersebut dapat meningkatkan motivasi dan memberi rangsangan untuk berpikir. Media pembelajaran
juga dapat memberikan rangsangan berpikir, dan membantu meningkatkan motivasi, pemahaman, menyajikan, data dengan menarik dan terpercaya, memudahkan penafsiran
data, dan memadatkan informasi seperti media animasi menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menarik, dan juga untuk menanamkan pemahaman pada siswa
tentang materi yang diajarkan. Masalah dalam penelitian ini apakah dengan diterapkannya model pembelajaran Think Pair Share dengan menggunakan media animasi berpengaruh terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X SMA Negeri 2
Palembang. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan model Think Pair Share dengan media animasi dan siswa yang di ajar
dengan model Konvensional dengan media gambar. Hipotesis penelitian adalah Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan menggunakan media
animasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Think Pair Share dan media animasi
dengan model Konvensional dan media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Jadi disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model Think Pair Share dan media animasi dengan model Konvensional dan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Palembang T.A
2011/2012. Hal ini berdasarkan dari nilai f hitung 0,058 yang lebih kecil dari signifikansi 0,810 dengan taraf kepercayaan 95 %.

Keywords


hasil belajar, model Think Pair Share dengan Media Animasi, hasil belajar Biologi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.