PENGARUH PENGETAHUAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PADA PT. BANK SUMSEL BABEL CABANG SYARIAH PALEMBANG
Abstract
Bank Sumsel Babel Cabang Syari’ah Palembang merupakan salah satu Bank Pembangunan Daerah yang selalu menjadi keputusan nasabah dalam memilih sebuah Bank. Masalah yang diangkat yaitu Bagaimana pengetahuan Konsumen terhadap PT. Bank Sumsel Babel Palembang Cabang Syariah dan Bagaimana pengaruh Konsumen terhadap keputusan menjadi nasabah pada PT. Bank Sumsel Babel Palembang Cabang Syariah, Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengetahuan konsumen terhadap PT. Bank Sumsel Babel Palembang Cabang Syariah (2) Untuk mengetahui pengaruh konsumen terhadap keputusan menjadi nasabah pada PT. Bank Sumsel Babel Palembang Cabang Syariah, Manfaat penelitian ini adalah (1) Bagi penulis yaitu Secara teoritis dengan melakukan penelitian ini, penulis dapat menerapkan ilmu tersebut terhadap mahasiswa serta menambah pengetahuan dan wawasan keilmuan khususnya yang berhubungan dengan ekonomi Islam yaitu Perbankan Syariah. Serta sebagai bahan bacaan bagi mahasiswa dan masyarakat umum mengenai pengetahuan konsumen mengenai Perbankan Syariah dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan menjadi nasabah pada PT. Bank Sumsel Babel Palembang Cabang Syariah (2) Bagi PT. Bank Sumsel Babel Palembang Cabang Syariah (3) Sedangkan secara praktis, kegunaan yang ingin dicapai penulis adalah untuk memberikan sumbangan pemikiran kepada pihak-pihak yang berkepentingan, khususnya bagi Bank Sumsesl Syariah dengan adanya penulisan ini, sekiranya dapat dijadikan bahan masukan dan pertimbangan guna menentukan kebijaksanaan untuk kemajuan perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), adapun data pelulis silakukan dengan metode wawancara, dokumentasi dan study perpustakaan, data yang dikumpulkan tersebut bersumber dari data primer yaitu hasil wawancara dan dokumentasi dengan menyebarkan kuisoner mengenai pengetahuan konsumen terhadap keputusannya untuk menjadi nasabah PT. Bank Sumsel Babel Cabang Syari’ah Palembang. Adapun Hasil dari penelitian tersebut adalah Pengetahuan
Konsumen terhadap PT. Bank Sumsel Babel Palembang Cabang Syariah meliputi, pengetahuan produk : rata-rata responden mengetahui semua produk yang ada di PT. Bank Sumsel Babel Palembang Cabang Syariah, manfaat : rata-rata responden mergetahui manfaat dalam bertransaksi di PT. Bank Sumsel Babel Palembang Cabang Syariah dan nilai kepuasan produk: rata-rata responden dapat mengetahui nilai bagi hasil yang ditawarkan oleh PT. Bank Sumsel Babel Palembang Cabang Syariah dan Ada pengaruh antara pengetahuan konsumen (variabel X) terhadap keputusan menjadi nasabah (variabel Y) pada PT. Bank Sumsel Babel Palembang Cabang Syariah, namun pengaruhnya tidak terlalu besar. Hasil dari analisis regresi linier sederhana menunjukkan R square = 0,277 atau 2,77% yang artinya besarnya pengaruh variabel pengetahuan konsumen (X) terhadap variabel keputusan menjadi nasabah (Y) adalah sebesar 2,77% dan p = 0,000, signifikan pada p < 0,05.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.