Analisis Kapasitor Bank Untuk Memperbaiki Tegangan

Taufik Barlian, Yosi Apriani, Nina Savitri, Muhammad Hurairah

Abstract


Tenaga Listrik disalurkan kekonsumen melalui sistem tenaga listrik yang terdiri dari beberapa sub sistem yaitu  pembangkit, transmisi, dan distribusi. Penyulang Gurami Gardu Induk Kedukan mengalami penurunan tegangan pada 4 bus yaitu 43, 45, 47, dan 49. Dengan nilai penurunan bus 43 sebesar 19,599 kV, bus 45 sebesar 19,596 kV, bus 47 sebesar 19,595 kV, dan bus 49 sebesar 19,594 kV. Bus- bus tersebut mengalami penurunan dengan kondisi marginal (2%). Cara meningkatkan tegangan pada Bus bisa dilakukan dengan cara menambahkan kapasitor bank yang berfungsi meningkakan tegangan pada bus,  dengan menaikan faktor daya beban dari 0,85 menjadi 0,95 pada bus 43, 45, 47, dan 49. Penelitian ini menggunakan metode segitiga daya, Metode ini dipakai jika data yang diketahui adalah daya aktif (P) dan daya nyata (S) serta power factor sebenarnya ( dan power factor yang diinginkan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dipasang  kapasitor bank pada bus yang mengalami penurunan terjadilah peningkatan tegangan dengan nilai peningkatan di bus 45 sebesar 19,62 kV, bus 45 sebesar 19,617 kV, bus 47 sebesar 19,616 kV, dan bus 49 sebear 19,615 Kv. Pada saat bus-bus yang mengalami penurunan (43,45,47, dan 49) dipasang  kapasitor bank maka terjadinya peningkatan tegangan pada bus- bus tersebut sehingga mengakibatkan peningkatan tegangan kembali.

Electricity is channeled to consumers through an electric power system consisting of several sub-systems, namely generation, transmission, and distribution. The Kedukan substation feeder Gurami feeder experienced a decrease in voltage on 4 buses namely 43, 45, 47, and 49. With a reduction in bus 43 of 19,599 kV, bus 45 of 19,596 kV, bus 47 of 19,595 kV, and bus 49 of 19,594 kV. The buses have decreased with marginal conditions (2%). How to increase the voltage on the bus can be done by adding a capacitor bank that serves to increase the voltage on the bus, by increasing the load power factor from 0.85 to 0.95 on buses 43, 45, 47, and 49. This study uses the triangle power method, This method is used if the data known are active power (P) and real power (S) as well as the actual power factor (cos?_1) and the desired power factor (cos?_2). The results showed that after the capacitor bank was installed on the bus that experienced a decrease there was an increase in voltage with an increase in value of bus 45 of 19.62 kV, bus 45 of 19,617 kV, bus 47 of 19,616 kV, and bus 49 of 19,615 Kv. When the declining buses ((43,45,47 and 49) are installed with bank capacitors, an increase in voltage on these buses results in an increase in voltage again.


Keywords


Kapasitor Bank ,Faktor Daya, ETAP, Segitiga Daya

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jse.v4i2.2562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


                    

 

 


Creative Commons License
Jurnal Surya Energy is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.