HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SAYURAN PADA HIDROPONIK CENTER PALEMBANG
Abstract
The purpose of this study was to determine the relationship between marketing mix and consumer satisfaction and to analyze income from hydroponic vegetable farming. The research method used in this study uses qualitative and quantitative approaches. The sampling method to answer the first problem formulation uses purposive sampling and accidental sampling methods. Data collection methods used are observation, interviews and documentation. Data processing methods used are editing, coding and tabulating while the data analysis method used is descriptive with a quantitative approach. The results of the study showed the relationship between the marketing mix and consumer satisfaction as seen from the sig value (2-tailed) of the promotion variable (X3) of 0.098 and place (X4) of 0.052 indicating <0.10 and the correlation coefficient value of the promotion variable (X3) of 0.081 and place (X4) of 0.128 meaning that the promotion variable (X3), and the place variable (X4) have a moderate relationship to consumer satisfaction, the correlation value also shows a positive value, meaning that the higher the value of the promotion variable (X3) and place (X4), the higher the consumer satisfaction will be and vice versa. While the product variables (X1), and price (X2) do not have a significant relationship. The income of the Palembang Hydroponic Center farming business is IDR 1,984,326 / Month.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen dan untuk menganalisis pendapatan dari usahatani sayuran hidroponik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode penarikan contoh untuk menjawab rumusan masalah pertama dengan menggunakan metode purposive sampling dan accindental sampling. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pengolahan data yang digunakan adalah editing, coding dan tabulating sedangkan metode analisis data yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan Hubungan bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen dilihat dari nilai sig (2-tailed) variable promotion (X3) sebesar 0,098 dan place (X4) sebersar 0,052 menunjukan < 0,10 dan nilai koefesien korelasi variable promotion (X3) sebesar 0,081 dan place (X4) sebersar sebesar 0,128 artinya variable promotion (X3),dan variable place (X4) memiliki hubungan yang sedang terhadap kepuasan konsumen, nilai korelasi juga menunjukan nilai positif, artinya semakin tinggi nilai variable promotion (X3) dan place (X4) maka kepuasan konsumen akan semakin tinggi dan sebaliknya. Sedangan variable product (X1), dan price (X2) tidak memiliki hubungan secara signifikan. Pendapatan usahatani Hidroponik Center Palembang adalah sebesar RP . 1.984.326/Bulan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kotler,P. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Salemba Empat, Jakarta. Kotler, Philip. dan Amstrong, Gary. 2008 Prinsip-prinsip pemasaran. Jilid I. Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga.
Noor. 2024. Hubungan Bauran Pemasaran 4P Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran Hidroponik di Hidroponik Jember.
Philip, 2000. Manajmen Pemasaran. PT. IkrarxMandiri xAbadi. hal 9
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta Sutanto, R., 2002. Penerapan Pertanian Organik. Permasyarakatan dan Pengembangannya. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.
Sutojo,S dan F. Kleinsteuber. 2002. Strategi Pemasaran. Jakarta: PT Damar Mulia Pustaka.
Tohir, KA. 1991. Seutas Pengetahuan Usahatani Indonesia. Rineka Cipta. Jakarta.
Trina E. Tallei. Inneke F.M. Rumengan. Ahmad A. Adam. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Universitas Sam Ratulangi 2017
Zukarnain . 2014. Dasar-Dasar Holtikultura. PT Bumi Aksara. Jakarta
DOI: https://doi.org/10.32502/jsct.v14i1.10100
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis by jurnal.um-palembang.ac.id/societa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.