Character of Agus Mianto in Business as a Penangkar Bibit Karet in Langkan Village District of Banyuasin III Regency of Banyuasin South Sumatera Province.

Merisa Merisa, Khaidir Sobri

Abstract


Karakteristik Agus Mianto dalam Berwirausaha Penangkaran Bibit Karet di Desa Langkan Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam bagaimana karakteristik Agus Mianto dalam menjalankan usaha penangkaran bibit karet. Penelitian dilaksanakan di Desa Langkan Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin dari bulan Mei sampai dengan Juli 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dan metode penarikan contoh yaitu purposive sampling (sengaja). Untuk menjawab rumusan masalah menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk mengetahui tinggi rendahnya karakteristik yang dimiliki oleh Agus Mianto menggunakan skala likert guna untuk memperoleh skor dari masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa Karakteristik wirausaha yang dimiliki oleh Agus Mianto dalam berwirausaha sebagai seorang penangkar bibit karet tergolong dalam kategori tinggi dengan skor nyata dan persentase yang diperoleh sebesar 83 (87,36%). Dengan masing-masing variabel karakteristik yang termasuk dalam
kategori tinggi sebagai berikut : Percaya diri dengan total skor 82,50%, kepemimpinan 90,00%, Pengambilan
risiko 92,00%.

Keywords


kewirausahaan, wirausaha, karaktristik, percaya diri, kepemimpinan, resiko bisnis tenaga kerja dan biaya

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jsct.v4i2.238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License

Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis by jurnal.um-palembang.ac.id/societa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.