KEPUASAN PETANI TERHADAP PELAYANAN PENYULUH PERTANIAN DALAM AKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN DI KABUPATEN BANYUASIN (STUDI KASUS: KELOMPOK TANI DI KECAMATAN MAKARTI JAYA)

Dewi Darmawati, Puri Pratami Ardina Ningrum

Abstract


The objectives of this study were 1) Determined indicator of farmer satisfaction in Sub District Makarti Jaya, 2) How connection between satisfaction implementation. The research was conducted in Sub District Makarti Jaya Sub District Banyuasin from December to February 2019. This research was used method a case study, and used two methods sampling, is census and simple random sampling method. Collect data methods used in this study were observation participants and in depth interviews to respondents who have been determined, besides the types of data collected are primary data and secondary data. Furthermore, processing data and analysis in this study is descriptive qualitative. Based on the results of the study 1) the indicators of farmers satisfaction with agriculture extension services in the Makarti Jaya Sub District are: material according to farmer’s needs, aasy communication understanding, easy to accept receives criticism and suggestions, intensive visit and can be found anywhere. 2) relation between farmer satisfaction and implementation is that farmers easily apply the material provided by agricultural extension workers.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) indikator kepuasan petani terhadap pelayanan penyuluh pertanian dalam aktivitas penyuluhan pertanian  2) kaitan antara kepuasan petani terhadap implementasinya pada kelompok tani di Kecamatan Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin pada bulan Desember sampai dengan bulan Februari 2019.  Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus (case study), dengan menggunakan dua metode dalam penarikan contoh, yaitu sensus (sampling jenuh) dan metode simple random sampling (acak). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observation participant dan wawancara mendalam (in depth interview) kepada responden yang telah ditentukan, selain itu jenis data yang dikumpulkan yaitu data primer dan data sekunder. Selanjutnya pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini yaitu secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa didapatkan hasil tujuan 1) indikator kepuasan petani terhadap  pelayanan penyuluh pertanian di Kecamatan Makarti Jaya yaitu : materi sesuai kebutuhan petani, komunikasi mudah di mengerti, keterbukaan menerima kritik dan saran, kunjungan yang intens dan bisa ditemui di mana saja. Hasil tujuan kedua 2) kaitan antara kepuasan petani terhadap implementasinya bahwa petani mudah menerapkan materi yang diberikan oleh penyuluh pertanian.

 


Keywords


agent of change; farmer; Makarti Jaya; satisfaction

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jsct.v9i2.4269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License

Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis by jurnal.um-palembang.ac.id/societa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.