ANALISIS EFISIENSI FAKTOR PRODUKSI USAHATANI PADI PADA LAHAN GAMBUT DI DESA MULYAGUNA KECAMATAN TELUK GELAM KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Wahyu Jaya Kusuma, Innike Abdillah Fahmi

Abstract


ABSTRACT

This study was to determine the efficient use of rice farming production factors on peat land in Mulyaguna Village and to find out the income of rice farming on peat land in Mulyaguna Village. This research was conducted in Mulyaguna Village, Teluk Gelam District, Ogan Komering Ilir Regency from October to November 2021. The research method used was a survey. The sampling method is simple random sampling. Data collection methods used in this study were observation, documentation and direct interviews with respondents, besides that the types of data collected were primary data and secondary data. Processing and data analysis in this research are editing, tabulating and coding. Analysis of the data used is a quantitative method with Cobb Douglas analysis tools. The results showed that the use of rice production factors on peatlands in Mulyaguna Village was inefficient and inefficient in the production of urea, seeds and NPK fertilizers, and inefficient in labor production factors. The income earned by rice farmers on peatlands in Mulyaguna Village with an average harvested dry milled grain (GKG) production of 1,575 Kg/lg/MT with an average income of Rp 5,795,217 Lg/MT with an average cost the production cost is Rp. 1,271,370 Lg/Mt, so that the income from rice farming on peat land is an average of Rp. 4,523,847 Lg/Mt.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan faktor produksi usahatani padi pada lahan gambut di Desa Mulyaguna sudah efisien dan untuk mengetahu pendapatan usahatani padi pada lahan gambut di Desa Mulyaguna. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Mulyaguna Kecamatan Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir pada bulan Oktober sampai bulan November 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Metode penarikan contoh yaitu simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara langsung kepada responden, selain itu jenis data yang dikumpulkan yaitu data primer dan data sekunder. Pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini yaitu editing, tabulating dan coding. Analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan alat analisis Cobb Douglas. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan faktor produksi padi pada lahan gambut di Desa Mulyaguna ada yang belum efisien dan tidak efisien pada faktor produksi pupuk Urea, Benih dan Pupuk NPK belum efisien, dan tidak efisien pada fator produksi tenaga kerja. Pendapatan yang diperoleh petani padi pada lahan gambut di Desa Mulyaguna dengan produksi gabah kering giling (GKG) panen rata-rata sebanyak 1.575 Kg/lg/MT dengan rata-rata penerimaan yang diperoleh sebesar Rp 5.795.217 Lg/MT dengan rata-rata biaya produksi yang dikeluarkan sebesar Rp 1.271.370 Lg/Mt, sehingga mendapatkan pendapatan dari usahatani padi pada lahan gambut rata-rata sebesar Rp 4.523.847 Lg/Mt.


Keywords


production; rice farming; peatland; produksi; usahatani padi; lahan gambut

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik, 2019. perkembangan tanaman pangan padi di Indonesia Tahun 2019.

Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Selatan (2020). Kumpulan Berita Resmi Statistik Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2020. Palembang: Badan Pusat tatistik Provinsi Sumatera Selatan.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultur Kabupaten Ogan Komering Ilir 2016. Kemajuan Pertanian di Kabpuaten Ogan Komering Ilir.

Hamdi dan E. Baharudin. 2014 Metode penelitian kualitatif. Yogyakarta: deepublish

Lubis, I.R. 2006.Pemanfaatan Lahan Rawa Gambut Dipandang dari Aspek Konservasi: Pengalaman Kegiatan CCFPI di Sumatera Selatan. Prosiding Seminar Pengelolaan Hutan dan Lahan Rawa secara Bijaksana dan Terpadu. Yogyakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan Tanaman

Purwono dan H, Purnamawati. 2007. Budidaya 8 Jenis Pangan Unggul. Depok: Penebar Swadaya.

Siregar, S. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Suratiyah. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Usahtani Padi Sawah. Departemen Ilmu Sosial. Institute Pertanian Bogor.

Sugiyono 2001. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet.

.2002. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabet.

.2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

.2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Usman, H. dan Akbar, S.A.2004.Metodologi Penelitian Sosial.Jakarta: Bumi Aksara.

Yasa. 2017. Analisis Produksi Pendapatan Usahatani Padi Sawah Di Desa Bonemarawakecamatan Riopakava Kabupaten Donggala. Jurnal Agribisnis Pedesaan Vol 1. 04 Desember 2017: 256-266

Zulfikhar.2006. Kebijakan Pengelolaan Kawasan Hutan Rawa Gambut dengan Pola KPH di Provinsi Sumatera Selatan.Prosiding Seminar Pengelolaan Hutan dan Lahan Rawa secara Bijaksana dan Terpadu. Yogyakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan Tanaman.




DOI: https://doi.org/10.32502/jsct.v11i1.4715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License

Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis by jurnal.um-palembang.ac.id/societa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.