ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIDAKAKTIFAN KOPERASI DARMA JAYA DESA SUKADARMA KECAMATAN JEJAWI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Yudi Darmadi, Khaidir Sobri

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakaktifan Koperasi Darma Jaya di Desa Sukadarma Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sukadarma Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir pada Maret sampai dengan bulan April 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah pengambilan acak berlapis tak berimbang (Disproportionate Stratifed Random Sampling). Dalam penelitian ini digunakan tiga puluh sampel dari tiga strata yang terdiri pengurus (8 orang) dan anggota Koperasi (15 orang) Darma Jaya yang aktif pada tahun 2009 serta tokoh masyarakat Desa Sukadarma (7 orang) dari populasi sebesar 172 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Data primer diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara langsung pada responden yang pernah terlibat dan mengetafui keberadaan koperasi ini dengan menggunakan daftar pertanyaan (quisioner) yang telah dipersiapkan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi yang terkait serta literatur yang ada hubungannya dengan penelitian ini. Data yang di peroleh dari lapangan di olah secara tabulasi. Masalah dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu bertujuan untuk membangun dan menggali suatu proporsi atau menjelaskan makna di balik realita. Penelitian berpijak pada realita atau peristiwa yang berlangsung di lapangan.dianalisis dan dijelaskan secara deskriftif. Berdasarkan hasil penelitian, analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa penyebab ketidakaktifan Koperasi Darma Jaya adalah pendidikan pengurus dan anggota yang rendah, teknologi sederhana, partisipasi anggota yang kurang dan keterampilan manajerial rendah sedangkan penyuluhan yang di berikan pemerintah tidak berpengaruh terhadap ketidakaktifan Koperasi Darma Jaya.

Keywords


Koperasi, pendidikan, teknologi, partisipasi, keterampilan, penyuluhan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32502/jsct.v3i2.54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License

Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis by jurnal.um-palembang.ac.id/societa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.