PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK PEMASARAN TANAMAN HIAS BONSAI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA SIDOMULYO KECAMATAN GUNUNGMEGANG KABUPATEN MUARA ENIM

Yusril Iza Mahendra, Harniatun Iswarini

Abstract


ABSTRACT

This study was conducted to determine the social media used for marketing miniaturized tree during the covid-19 pandemic and to determine the perceptions of producers and consumers in marketing miniaturized tree through social media during the covid-19 pandemic. This research was conducted in Sidomulyo Village, Gunung Megang District, Muara Enim Regency from November 2021 to January 2022. The research method used was qualitative with a phenomenological approach. The sampling method used was accidental sampling, where in this study there were 2 samples that became the sampling unit, namely is miniaturized tree producers, totaling 4 people and miniaturized tree consumers totaling 2 people. The data collection methods used in this study were in-depth interviews by inviting resource persons to discuss, observing participation by participating in the daily life of the informants and documenting related to this research. The data processing method used in this study was carried out in 3 stages, namely data condensation, data presentation and conclusion drawing. The data analysis used was descriptive analysis with a qualitative approach. The results showed that the social media used for marketing miniaturized tree during the covid-19 pandemic were Facebook and WhatsApp by utilizing the available features and the intensity of unscheduled use. Then the perception of producers in marketing bonsai ornamental plants through social media during the covid-19 pandemic is that they can reach a wider target consumer, then the perception of consumers is that they can find out more diverse marketing of bonsai ornamental plants through social media during the covid-19 pandemic. 

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui media sosial yang digunakan untuk pemasaran tanaman hias bonsai pada masa pandemi covid-19 dan untuk mengetahui persepsi produsen dan konsumen dalam pemasaran tanaman hias bonsai melalui media sosial pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sidomulyo Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim pada bulan November 2021 sampai dengan Januari 2022. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah accidental sampling atau sampel kebetulan, dimana dalam penelitian ini terdapat 2 contoh yang menjadi unit salmpelnya, yaitu Produsen tanaman hias bonsai yang berjumlah 4 orang dan konsumen tanaman hias bonsai yang berjumlah 2 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dengan mengajak narasumber berdiskusi, obsevasi partisipasi dengan ikut serta dalam kehidupan keseharian narasumber dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial yang digunakan untuk pemasaran tanaman hias bonsai pada masa pandemi covid-19 adalah Facebook dan WhatsApp dengan memanfaatkan fitur yang tersedia serta intensitas penggunaan yang tidak terjadwal. Kemudian persepsi produsen dalam kegiatan pemasaran tanaman hias bonsai melalui media sosial pada masa pandemi covid-19 adalah dapat menjangkau target konsumen yang lebih luas, kemudian persepsi dari konsumen adalah dapat mengetahui pemasaran tanaman hias bonsai yang lebih beragam melalui media sosial pada masa pandemi covid-19.


Keywords


Social Media; Marketing; Miniaturized Tree; Covid-19 Pandemic; Media Sosial; Pemasaran; Tanaman Hias Bonsai; Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Andi.Link. 2020. Hootsuite (We are Social): Indonesia Digital Report 2020, (https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2020/, diakses 10 November 2021).

Andi.Link. 2021. Hootsuite (We are Social): Indonesia Digital Report 2021, (https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/, diakses 10 November 2021).

Anggrawati S, Prayoga R, Wibaningwati DB, Suwarnata AAE. 2021. Pemasaran Produk Sayur Kelompok Tani Kecamatan Tanah Sareal. Journal of Agribusiness and Agrotechnology. 2(1):37-47.

BNPB. 2020. Presiden Tetapkan COVID-19 Sebagai Bencana Nasional. Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta.

Fahmi Dzul. 2021. Persepsi Bagaimana Sejatinya Persepsi Membentuk Kontruksi Berpikir Kita. Penerbit Anak Hebat Indonesia, Yogyakarta, Indonesia.

Firmansyah, M.A. 2020. Komunikasi Pemasaran. Cv. Penerbit Qiara Media, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia.

Fitriani, P.P.V. 2021. Gambaran Pengetahuan Pencegahan Covid-19 Pada Keluarga Di Desa Sidan Kelod Kelurahan Gianyar Kabupaten Gianyar. Karya Tulis Ilmiah Politeknik Kesehatan Kemenkes Denpasar. Gianyar, Bali.

Kadarudin. 2020. Cerdas Bermedia Sosial Dari Kecamata Hukum Dr. Kadarudin. Penerbir Cv. Pilar Nusantara, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Kominfo. 2020. Dirjen PPI: penetrasi Pengguna Internet di Indonesia Bagian Penting dari Transformasi Digital. Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta.

Kotler, P. dan Keller, K.L. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Penerbit Erlangga, Jakarta, Indonesia.

Kotler, P dan Keller, K.L. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Penerbit Erlangga, Jakarta, Indonesia.

Kuswarno, Engkus. 2009. Metode Penelitian Fenomenologi: Konsep, pedoman dan contoh Penelitian. Penerbit Widya Padjadjaran, Bandung, Indonesia.

Mahardi, S. 2018. Pemasaran Belimbing Manis (Averrhoa carambola L.) di Desa Y. Ngadirejo Kecamatan Tugu Mulyo Kabupaten Musi Rawas. Skripsi Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang. Palembang, Sumatera Selatan.

Mantra, I.B. 2004. Filsafat Penelitian dan Metode Penelitian Sosial. Pustaka Pelajar. Yogyakarta, Indonesia.

Maryani, S. 2021. Strategi Pemasaran Pedagang Ikan Asin Melalui Media Sosial Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Kelurahan Malabro Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu). Skripsi Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Bengkulu.

Maulida Ina. 2012. Persepsi Siswa Terhadap Implementasi Sistem Manajemen Mutu Iso 9001:2008 di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi Studi Kebijakan Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, Indonesia.

Noor Juliansyah. 2010. Metode Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi, Karya imiah. Penerbit Kencana, Jakarta, Indonesia.

Notoatmodjo, S. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta, Indonesia.

Pramudana K.A.S, dan Santika I.W. 2018. Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Harga, dan Pemasaran Internet Terhadap Pemesanan Ulang Online Hotel di Bali. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 7(10):2.247-2.256.

Putra, A.E.R. 2018. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Dalam Membangun Kesadaran Bersedekah (Studi Deskriptif Organisasi Sedekah Rombongan. Skripsi Studi Komunikasi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta, Indonesia.

Rizki MI, Mustafa AK, Hezak ETM, Utami PA. 2021. Strategi Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pemasaran Digital Oleh Petani Porang di Kabupaten Wonogiri Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pembangunan dan Pendidikan Vokasi Pertanian. Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari. 31 Juli 2021.

Rosmiah, dkk. 2021. Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang. In Saputra (editor). Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang. Palembang, Indonesia.

Saleh M.Y, M.S. 2018. Konsep dan Strategi Pemasaran. CV Sah Media, Makasar, Indonesia.

Steven C.D, dan Sawitri D.R. 2016. Bersyukur di Tengah Sedihnya dan Senangku: (Studi Kualitatif Subjective Well-Being Pada Mahasiswa Tunanetra). Jurnal Empati, 5(3):439-442.

Sugiyono. 2015. Statistik Nonparametris Untuk Penelitian. Penerbit Alfabeta Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Penerbit Alfabeta Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Sulistyo, B. 2008. Galeri Bonsai. Penebar Swadaya. Depok, Indonesia.

Syahputro, E.N. 2020. Melejitkan Pemasaran UMKM Melalui Media Sosial. Caremedia Communication, Gresik, Indonesia.

Utami, M.R.N. 2021. Manajemen Pemasaran UMKM Produk Tempe Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada UMKM Produk Tempe Dusun Cipicung, Desa Bengbulang, Kec. Karangpucung, Kab. Cilacap). Skripsi Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Purwokerto. Purwokerto, Jawa Tengah.




DOI: https://doi.org/10.32502/jsct.v11i2.5577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License

Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis by jurnal.um-palembang.ac.id/societa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.