EFISIENSI SALURAN PEMASARAN JAGUNG HIBRIDA (Zea mays) DI DESA BUMI AGUNG KECAMATAN LEMPUING KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Readi Ferdian Ardianto, Puri Pratami Ardina Ningrum

Abstract


ABSTRACT

This study aims to determine the Marketing Channel of Hybrid Corn (Zea mays) in Bumi Agung Village, Lempuing Subdistrict, Ogan Komering Ilir Regency and the Efficiency of Hybrid Corn (Zea mays) Marketing Channels in Bumi Agung Village, Lempembe Subdistrict, Ogan Komering Ilir Regency. This research was carried out in Bumi Agung Village, Lemembu Subdistrict, Ogan Komering Ilir Regency from December 2021 to February 2022. The research method used was a survey. There were two sampling methods used, namely saturated sampling and snowball sampling. Data collection methods used in this study were observation, documentation and direct interviews with respondents, besides that the types of data collected were primary data and secondary data. Furthermore, data processing and analysis in this study are editing, coding and tabulating. The data analysis used is a qualitative method with Margin and Farmer's Share analysis tools. Furthermore, to find out the Hybrid Corn Marketing Channel (Zea mays) in Bumi Agung Village, Lemembu Subdistrict, Ogan Komering Ilir Regency and the Efficiency of Hybrid Corn (Zea mays) Marketing Channels in Bumi Agung Village, Lempembe Subdistrict, Ogan Komering Ilir Regency. Based on the results of the research that the marketing channel for hybrid corn that is most often used in Bumi Agung Village, Lempembe District, Ogan Komering Ilir Regency, until it reaches the final consumer, namely Marketing Channel I (Farmers - End Consumers) and Based on the results of research that has been carried out, a more efficient marketing channel where in marketing channel I because the Margin Share is 100%.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Saluran Pemasaran Jagung Hibrida (Zea mays) Di Desa Bumi Agung Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Efisiensi Saluran Pemasaran Jagung Hibrida (Zea mays) Di Desa Bumi Agung Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bumi Agung Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir pada bulan Desember 2021 sampai bulan Februari 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Terdapat dua metode penarikan contoh yang digunakan yaitu sampling jenuh dan snowball sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara langsung kepada responden, selain itu jenis data yang dikumpulkan yaitu data primer dan data sekunder. Selanjutnya pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini yaitu editing, coding dan tabulating. Analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif dengan alat analisis Margin dan Farmer’s Share. Selanjutnya untuk mengetahui Saluran Pemasaran Jagung Hibrida (Zea mays) Di Desa Bumi Agung Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Efisiensi Saluran Pemasaran Jagung Hibrida (Zea mays) Di Desa Bumi Agung Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir. Berdasarkan hasil penelitian bahwa saluran pemasaran jagung hibrida yang paling sering digunakan di Desa Bumi Agung Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir hingga sampai ke konsumen akhir yaitu Saluran Pemasaran I (Petani-Konsumen Akhir) dan Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka saluran pemasaran yang lebih efisien dimana pada saluran pemasaran I karena Margin Sharenya adalah 100%.


Keywords


Efficiency; Marketing Channels; Corn; Efisiensi; Saluran Pemasaran; Jagung

Full Text:

PDF

References


Adnyana, dkk. 2007. Prospek dan Arah Pengembangan Agribisnis Jagung. Edisi

Kedua. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Departemen Pertanian.

Anindita, R dan Nur Baladina. 2017. Pemasaran Produk Pertanian.Andi. Yogyakarta

Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalind

Andrianto. 2014. Pengantar Ilmu Pertanian. Jogjakarta

Balai Penyuluhan, Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Lempuing jaya. 2017. Data Jagung Kecamatan Lempuing Jaya . Lubuk Seberuk. Ogan Komering Ilir.

Daniel, Moehar. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian (Teori Dan Aplikasi) Pt. Raja Grafindo. Persada. Jakarta, Indonesia.

Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten OKI.

Data Luas dan Produksi Tanaman Jagung Di Kabupaten Ogan Komering Ilir. Kayuangung.

Direkturat Jendral. Hortikultura. 2011. Statistik Hortikultura. Bina Produksi Hortikultura. Jakarta

Handoyo, Joko. 2002, Perbanyakan Benih Jagung. penerbar Swadaya. Jakarta.

Hasan, 2004. Analisis Data Penelitian dengan statistik, (Jakarta: PT Bumi Aksara), h.24

Siregar, S. 2017. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sutanto, Rachman. 2011. Penerapan Pertanian Organik. Kanisius. Yogyakarta.

Usman, H dan akbar, P. 2017. Metodologi Penelitian Sosial. PT Bumi Aksara. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32502/jsct.v11i2.5578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License

Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis by jurnal.um-palembang.ac.id/societa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.