ANALISIS EFISIENSI DAN KEUNTUNGAN PEMASARAN CABAI MERAH (Capsicum annum L.) DI DESA MUARA BURNAI I KECAMATAN LEMPUING JAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Dedi Hermansyah, Rahmat Kurniawan

Abstract


ABSTRACT

This study was conducted to find out how much marketing profit each marketing agency in Muara Burnai I Village, Lempuing Jaya District, Ogan Komering Ilir Regency got and to determine the marketing efficiency of red chilies in Muara Burnai I Village, Lempuing Jaya District, Ogan Komering Ilir Regency.This research was conducted in the village of Muara Burnai I, Lempuing Jaya District in November 2021-January 2022.The research method used was a survey method, while the sampling method used in this study was proportional random sampling and snowball sampling, data processing and analysis methods used. is descriptive quantitative analysis. The results showed that the marketing margin in each channel was due to differences in marketing costs incurred with the marketing margin obtained in this study, which was Rp. 5,000 on channel I, Rp. 6,000 on channel II and Rp. 4,500 on channel III. The amount obtained in channel I at the auction market level is Rp. Rp1,950/Kg, and in channel III at village retailers it is Rp3,250/Kg. Economically, channel III is more efficient than channel I and II because the economic value is greater than that of other channels, which is 3.87. On the other hand, technically channel I is more efficient than channel II and III because the technical value of channel I is smaller than the technical value of other channels, which is 11.76. 


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar keuntungan pemasaran yang diperoleh oleh masing-masing lembaga pemasaran yang ada di Desa Muara Burnai I Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir dan untuk mengetahui efisiensi pemasaran cabai merah yang ada di Desa Muara Burnai I Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Muara Burnai I Kecamatan Lempuing Jaya pada bulan November 2021-Januari 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei, sedangkan metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling dan snowball sampling, metode pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa margin pemasaran pada tiap-tiap saluran disebabkan adanya perbedaan biaya pemasaran yang dikeluarkan dengan margin pemasaran yang didapatkan pada penelitian ini yaitu sebesar Rp5.000 pada saluran I, Rp6.000 pada saluran II dan Rp4.500 pada saluran III, keuntungan yang didapatkan pada saluran I ditingkat pasar lelang sebesar Rp420/Kg, pedagang besar sebesar Rp1.034/Kg pedagang pengecer kota sebesar Rp2.275/Kg, pada Saluran II ditingkat pedagang tengkulak sebesar Rp660/Kg pedagang besar Rp834/Kg pedagang pengecer kota sebesar Rp1.950/Kg, dan pada saluran III di pedagang pengecer desa sebesar Rp3.250/Kg. Secara ekonomis, saluran III lebih efisien dibandingkan dengan saluran I dan II karena nilai ekonominya lebih besar dibandingkan pada saluran lainnya, yaitu sebesar  3,87. Namun sebaliknya Secara teknis saluran I lebih efisien dibandingkan dengan saluran II dan III karna nilai teknis saluran I lebih kecil dari pada nilai teknis pada saluran lainnya yaitu sebesar 11,76.

 


Keywords


Marketing; Marketing Advantage; Marketing Efficiency; Pemasaran; Keuntungan Pemasaran; Efisiensi pemasaran

Full Text:

PDF

References


Apriansyah (2019), Studi Pemasaran dan Pendapatan Petani Cabei Dengan Sistem Lelang di Desa Budi Mulya Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang. (Tidak dipublikasikan).

Arpandi. 1994 .Dalam redaksi trubus. Majalah trubus. Jakarta.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Ogan Komering Ilir.2017. Hasil Survei Pertanian Antar Sensus.

Badan Pusat Statistik. 2020. Kabupaten Ogan Komering Ilir Dalam Angka 2020. Kayu Agung.

Badan Pusat Statistik Sumatera Selatan. 2015. Luas panen dan produksi sayuran menurut kabupaten kota di provinsi sumatera selatan. http://palembang kota.bps.go.id. diakses 12 januari 2018.

Barbados. 2020. Analisis Pendapatan dan Tingkat Keuntungan Usahatani Cabai Rawit di Kelurahan Talang Keramat Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang. (Tidak dipublikasikan)

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Hortikultura Sumatera Selatan. 2017. Laporan Tahunan. Palembang.

Estiyanti, Eni. 2010. Efisiensi pemasaran cabai merah kriting di Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman. Jurnal penelitian. Yogyakarta.

Herpenas, A dan R Dermawan. 2010. Budidaya Cabai Unggul. Jakarta: Penebar Swadaya.

Mulya, Tri. 2019. Perilaku Petani Dalam Meningkatkan Pendapatan Usahatani Cabai Merah Di Desa Kepahyang Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang. (Tidak dipublikasikan).




DOI: https://doi.org/10.32502/jsct.v11i2.5579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License

Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis by jurnal.um-palembang.ac.id/societa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.