ANALISIS POLA TANAM DAN PENDAPATAN PETANI HORTIKULTURA DENGAN MENGGUNAKAN METODE IRIGASI TETES DI DESA BUDI MULYA KECAMATAN AIR KUMBANG KABUPATEN BANYUASIN ANALYSIS OF CROPPING PATTERNS AND INCOME OF HORTICULTURAL FARMERS USING THE DRIP IRRIGATION METHOD IN BUDI MULYA VILLAGE, AIR KUMBANG DISTRICT, BANYUASIN REGENCY

Jodhi Febriansyah, Innike Abdillah Fahmi

Abstract


ABSTRACT

This study was conducted to determine the types of cropping patterns and income of horticultural farmers who use the drip irrigation method.  This research was conducted in Budi Mulya Village, Air Kumbang Subdistrict, Banyuasin Regency from March to May 2022.The research method used was the survey method. The sampling method used was Purposive Sampling, where in this study the sampling process was carried out deliberately with consideration of farmers who used the drip irrigation method in horticultural business activities. Data collection methods used in this research are observation and direct interviews to respondents using tools in the form of a list of questions that have been prepared in advance.  Data processing methods used are editing, and tabulating. and data analysis used is descriptive qualitative and quantitative analysis. The results showed that the cropping pattern used by horticultural farmers who use drip irrigation method is a monoculture cropping pattern with rotating cropping rotation starting with chili farming in August to January, then continued with melon farming in February to April and watermelon farming in May to July. The average income of farmers in one year is IDR 150.666.429.

 

Keyword: Cropping Patterns, Income, Drip Irrigation

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui jenis pola tanam dan pendapatan petani hortikultura yang menggunakan metode irigasi tetes.  Penelitian ini dilaksanakan di Desa Budi Mulya Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin pada bulan Maret sampai dengan bulan Mei 2022.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah Purposive Sampling, dimana dalam penelitian ini proses pengambilan sampel dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan petani yang menggunakan metode irigasi tetes dalam kegiatan usahatai hortikultura.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara langsung kepada responden dengan menggunakan alat bantu berupa daftar pertanyaan yang telah dipersiapkan sebelumnya.  Metode pengolahan data yang digunakan adalah editing, dan tabulating. dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menjukkan bahwa pola tanam yang digunakan oleh petani hortikultura yang menggunakan metode irigasi tetes yaitu pola tanam monokultur dengan rotasi tanam bergilir yang dimulai dengan usahatani cabai pada bulan Agustus sampai dengan bulan Januari, kemudian dilanjutkan dengan usahatani melon pada bulan Februari sampai dengan bulan April dan usahatani semangka pada bulan Mei sampai dengan Bulan Juli. Pendapatan rata-rata petani dalam satu tahun yaitu Rp 150.666.429.

 

Kata Kunci: Pola Tanam, Pendapatan, Irigasi Tetes

Keywords


Cropping Patterns; Income; Drip Irrigation; Pola Tanam; Pendapatan; Irigasi Tetes

Full Text:

PDF

References


Abubakar, R dan K, Sobri. 2014. Buku Ajar Usahatani Agribisnis. Universitas Muhammadiyah Palembang.

Badan Pusat Statistik Sumatera Selatan. 2018. Luas Panen Dan Produksi Hortikultura Menurut Kabupaten/ Kota Di Provinsi Sumatera Selatan. https://palembangkota.bps.go.id. Di akses 12 Juni 2021.

Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Air Kumbang. 2019 Luas Lahan Pertanian Di Kecamatan Air Kumbang.

Bernardius, 2002. Bertanam Cabai Pada Musim Hujan Media Pustaka. Jakarta.

Dinas Pertanian TPH Kabupaten Banyuasin. 2019 Luas Lahan Sub Hortikultura di Kabupaten Banyuasin.

Direktorat Jendral Hortikultura, 2020. Hortikultura pertanian. hortikultura.pertanian.go.id. Diakses 12 Juni 2021.

Mahmudin, 2008. Kajian Pola Tanam dalam Upaya untuk Meningkatkan Produksidan Produktivitas di Daerah Irigasi Batang Tongar di Barat KabupatenPasaman Propinsi Sumatera Barat. http//perpustakaandiaitalitb.com.(online) diakses pada taggal 23 September 2021.

Nurung, M. 2002. Estimasi Fungsi Keuntungan dan Efisiensi Alokatif Usahatani Padi Sawah Pada Petani Pemilik Lahan dan Penyakap di Desa Kemumu Kec. Agramakmur Kab. Bengkulu Utara”. Jurnal Penelitian Unib, Vol. VIII, No.1, Maret 2002, Hal 19-23.




DOI: https://doi.org/10.32502/jsct.v12i1.6311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License

Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis by jurnal.um-palembang.ac.id/societa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.