STUDI PERBANDINGAN KUALITAS JERUK GERGA DI KELURAHAN AGUNG LAWANGAN KECAMATAN DEMPO UTARA KOTA PAGARALAM COMPARATIVE STUDY OF THE QUALITY OF GERGA ORANGES IN AGUNG LAWANGAN VILLAGE, NORTH DEMPO DISTRICT PAGAR ALAM CITY

Venny Ulfa Utari, Puri Pratami Ardina Ningrum

Abstract


ABSTRACT

This research aims to find out a comparative study of the quality of gerga oranges in Agung Lawangan Village, North Dempo District, Pagar Alam City. This research was carried out from June to August 2022. The research method used in this study was a survey method, while the sampling method used by researchers is (purposive sampling). The analytical method used in this study uses a descriptive-quantitative approach. The results of this study indicate that the factor that differentiates the quality of Gerga oranges in the same varieties of Gerga oranges is how to care for the oranges. The thing that must be considered is the provision of water to the right plants, applying fertilizers and pesticides with the right and regular doses and schedules, swift and fast in eradicating pests, diseases and insects, spacing between trees at least 4x4m – 6x6m per tree, cleaning weeds, pruning trees and pruning fruit. There are 3 patterns of channel marketing in the production of gerga oranges, namely first: producer - consumer, second: producer - collector trader - consumer, third: producer - collector trader - wholesaler - consumer. And the last result shows that marketing margin and marketing channel profit is that marketing channel II gets a marketing margin of IDR 3.000/Kg, while for marketing profits IDR 2,000/Kg. marketing channel III gets a marketing margin of IDR 5.000/Kg, while for marketing profits IDR 3,000/Kg.


Keyword : comparison, price, gerga orangPlants

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui studi perbandingan kualitas jeruk gerga di Kelurahan Agung Lawangan Kecamatan Dempo Utara Kota Pagar Alam. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan juni sampai agustus 2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, sedangkan metode penarikan contoh yang di gunakan peneliti adalah (purposive sampling). Metode analisis yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang membedakan kualitas buah jeruk gerga pada varietas buah jeruk gerga yang sama adalah cara merawat tanaman jeruk tersebut. Hal yang harus di perhatikan ialah pemberian air pada tanaman dengan tepat, pemberian pupuk dan pestisida dengan dosis dan jadwal yang tepat dan teratur, sigap dan cepat dalam pembasmian hama, penyakit dan serangga, jarak tanam antar pohon minimal jarak 4x4m – 6x6m per pohon, pembersihan gulma, pemangkasan ranting pohon dan pemangkasan buah. Diketahui bahwa saluran pemasaran pada produksi buah jeruk gerga ini terdapat 3 pola yaitu pertama : podusen – konsumen, kedua : produsen – pedagang pengecer – konsumen, ketiga : produsen – pedagang pengumpul – pedagang besar – konsumen. Dan hasil yang terakhir dalam penelitian ini menunjukan bahwa marjin pemasaran dan keuntungan pemasaran adalah Saluran pemasaran II mendapatkan margin pemasaran pada pedagang pengecer sebesar Rp 3.000/kg dan mendapatkan keuntungan Rp 2.000/Kg. Saluran pemasaran III mendapatkan margin pemasaran sebesar Rp 5.000/Kg keuntungan pemasaran sebesar Rp3.000/Kg.

Kata kunci : perbandingan, harga, tanaman jeruk gerga.


Keywords


comparison; price; gerga orangPlants; perbandingan; harga; tanaman jeruk gerga

Full Text:

PDF

References


Alfridho Ade Pratama. 2019. Jeruk Gerga Bengkulu Dalam Riki Susanto (Editor). Bengkulu Interaktif, Bengkulu.

Anindita, Ratya dan Nur Baladina, 2017, Pemasaran Produk Pertanian, CV. Andi Offset. Yogyakarta.

Assauri, 2009, Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi. Edisi Pertama. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Backer, C.A, 1965, Biological Control by Natural Enemies. Edit N.V.P, Noordhoff In Flora of Java, Vol. II, 1979. London: Cambridge University Press, 323 pp.

Basu Swastha, 1992, Saluran Pemasaran, Konsep, dan Strategi Analisa Kuantitatif. BPFE UGM. Yogyakarta.

Gracia G, Fery M, Hefri O. 2021 Analisis Pemasaran Jeruk Gerga Dikecamatan Rimbo Pengadang Kabupaten Lebong, 2021.

Handoko et al, 2000, Penanganan Pasca Panen Buah Jeruk. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumatra Utara, Medan.

Hasan, 2006. Analisis Data Penelitian Dengan Statistic, Bumi Aksara, Jakarta.

Helti Marini S. 2020. Jeruk Gerga Jadi Komoditas Unggul Bengkulu Dalam Royke Sinaga (Editor). Antara, Bengkulu.

Husein Umar, 2013, Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang). Cakrawala 12(1):1-11. Zamzami, L. dan A. Sayekti. 2010. Kinerja Pemasaran Jeruk Siam di Kabupaten Jember, Soekartawi. 1995. Analisis Usahatani. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Malau Herman, 2017, Manajemen Pemasaran. Alfabeta. Bandung.

Margono, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Mubyarto, 1995. Pengantar ekonomi Pertanian, LP3S, Jakarta.

Mulyadi, 2001, System Akuntansi, Edisi Ketiga, Cetakan Ketiga, Penerbit Selembang Empat, Jakarta.

Nurasa, Tjetjep dan Deri Hidayat. 2005. Analisis Keragaman Margin Pemasaran Jeruk di Kabupaten Karo. Jurnal Sosio-Economic of Agriculture and Bissiness Vol.8 No.1 February 2005 Pusat Penelitian dan Pengembangan Social Ekonomi Kebijakan Pertania. Bogor.

Purnomosidhi et al, 2007, Perbanyakan Dan Budidaya Tanaman Buah-Buahan: Durian, Mangga, Jeruk, Melinjo Dan Sawo. World Agroforestry Center And Winrock International. Bogor, 42 p.

Rahim, dan Hastuti, 2007, Ekonomi Pertanian, Jakarta Penebar Swadaya.

Rismunandar. 1981. Bertanam Jeruk. Terate. Bandung.

Rosjonsyah et al.2012, Definisi Jeruk Varietas RGL. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lebong.

Sapuan, 2012. Margin Pemasaran, KTA. STIPER

Sarwono. 1993. Jeruk dan kerabatnya. PT Penebar Swadaya. Jakarta.

Singarimbun dan Effendi, 1995, Metode Penelitian Survey, Jakarta: Pt. Pustaka LP3ES

Soekartawi, 1993, Agribisnis Teori Dan Aplikasinya. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Soemarso. 2004, Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Selemba Empat.

Sudiyono, 2002, Pemasaran Pertanian, UUM Press, Malang.

Sudjana, 2001, Metode & Teknik Pembelajaran Partisifatif. Bandung: Falah Production.

Sugandi et al. 2015, Sumber Daya Genetik Tanaman Holtikultira Di Provinsi Bengkulu. Prosiding Sminar Nasional Sumber Daya Genetik Pertanian BPTP. Bengkulu.

Sugiarto, dkk. 2003. Teknik Sampling. PT Gramedia Pustaka. Jakarta.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Administrative. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Kuntitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno et. al., 2015, Majemen Sumber Daya Manusia, Cetak Ketujuh. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Supramono, 2005. Desain Proposal Penelitian Studi Pemasaran, Yogyakarta : Andi.

Surakhmad, 1994, Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar dan Metode Teknik. Bandung: Tarsito

Tuasuun, S.F. 2011. Analisis Pengaruh Biaya Pemasaran Jeruk Kisar terhadap Pendapatan Petani di Kecamatan Kisar Kabupaten Maluku Barat Daya. Cita Ekonomika 5(1):1-10.

Widya, A., N. Ananda, R. Yuzril, R. Mulya, S.N. Dianti, T. Dinniyah, L. Parquinda, B




DOI: https://doi.org/10.32502/jsct.v12i1.6314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License

Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis by jurnal.um-palembang.ac.id/societa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.