STUDI AGRIBISNIS DAN PENDAPATAN USAHA AKUAPONIK DI KELURAHAN PLAJU ULU KECAMATAN PLAJU KOTA PALEMBANG

Rahmat Dwi Bakti, Innike Abdillah Fahmi

Abstract


ABSTRACT

The aim of this research is to determine the agribusiness system of aquaponics businesses and to determine the amount of income from aquaponics businesses in Plaju Ulu Village, Plaju Palembang District. The research method used in this research is the case study method. The sampling method used in this research uses a purposive sampling technique. The data collection methods used are observation, interviews and documentation. The data processing methods used are editing, coding and tabulating. The results of the research show that the agricultural system in the aquaponics business in Plaju Ulu Village, Plaju District, Palembang City, in the subsystem of procurement and distribution of production facilities carried out by the respondent as the owner of the aquaponics business, is obtained from purchasing around the Palembang city area. Apart from that, the procurement of equipment used by aquaponics businesses in Plaju Ulu Village, Plaju District, Palembang City comes from Indonesia itself so they don't have to buy imported goods. The sub-production system carried out by aquaponics businesses in Plaju Ulu Village is selecting catfish and pak choy seeds, planting, care, and harvesting. Meanwhile, in the marketing sub system, traders come directly to the aquaponics business to purchase aquaponics products. The income earned by the aquaponics business from one catfish production and 3 pak choy vegetable harvests is IDR. 2.032.812/PP.

  

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem agribisnis usaha akuaponik dan untuk mengetahui besar pendapatan dari usaha akuaponik di Kelurahan Plaju Ulu Kecamatan Plaju Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode study kasus. Metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pengolahan  data yang digunakan adalah editing, coding dan tabulating. Hasil penelitian menunjukan sistem agrisnis pada usaha akuaponik di Kelurahan Plaju Ulu Kecamatan Plaju Kota Palembang dalam subsistem pengadaan dan penyaluran sarana produksi yang dilakukan oleh responden selaku pemilik usaha akuaponik didapatkan dari membeli di sekitaran wilayah kota Palembang. Selain itu pengadaan peralatan yang dignakan oleh usaha akuaponik di Kelurahan Plaju Ulu Kecamatan Plaju Kota Palembang berasal dari indonesia sendiri sehingga tidak harus membeli barang impor.pada Sub sistem produksi yang dilakukan oleh usaha akuaponik di Kelurahan Plaju Ulu adalah memilih bibit lele dan pakcoy, Penanaman, perawatan, dan pemanenan. Sedangkan pada sub sistem pemasaran pedagang datang langsung ketempat usaha akuaponik untuk melakukan pembelian hasil produksi akuponik.  Pendapatan yang diperoleh oleh usaha akuaponik dalam satu kali produksi  ikan lele dan 3 kali pemanenan sayur pakcoy adalah  sebesar Rp. 2.032.812/PP.


Keywords


Agribusiness; Income; and Aquaponics Studies; Studi Agribisnis; Pendapatan; dan Akuaponik

Full Text:

PDF

References


Achmadi, A., dan Narbuko. 2015. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Gumelar, P, 2017. Pengaruh penggunaan tiga varietas tanaman pada sistem akuaponik terhadap konsentrasi total amonia nitrogen media pemeliharaan ikan koi. J. Perikanan Kelautan.

Nasrudin. 2010. Jurus Sukses Beternak Lele Sangkuriang. Agromedia Pustaka. Jakarta

Noor, J. 2010. Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nugroho dan Joko. 2012. “Proses Pengeringan Singkong (Manihot Esculenta Crantz) Parut dengan Menggunakan Pneumatic Dryer”. Skripsi. Fakultas Teknik Pertanian, Universitasa Gajah Mada.

Nugroho, E dan Sutrisno. 2008. Budidaya Ikan dan Sayuran Dengan Sistem Akuaponik. Jakarta. Penebar Swadaya.

Nursandi, 2018 “Budidaya Ikan Dalam Ember ‘Budikdamber’ dengan Aquaponik di Lahan Sempit,”

Pratiwi, 2014. pertumbuhan ikan lele sangkuriang di kolam budidaya ikan lele jombang tanggerang skripsi fakultas sainsdan teknologi universitas islam negeri syarif hidayatullah

Sahubawa, L. dan Puspita, I.D. 2021. Manajemen Limbah Industri Perikanan. Yogyakarta: Gadjah Mada University.

Setijaningsih, L. dan Umar, C. 2015. Pengaruh Lama Retensi Air Terhadap Pertumbuhan Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Pada Budidaya Sistem Akuaponik Dengan Tanaman Kangkung. BERITA BIOLOGI, 14(3), 267–275

Soekartawi. 1990. Teori ekonomi produksi dengan pokok bahasan analisis fungsi cobb douglas. Rajawali press. Jakarta.

. 1995. Analisis Usahatani. Jakarta: UI-PRESS.

. 2001, . Pengantar Agroindustri. Edisi 1. Jakarta : Cetakan 2. PT Raja Grafindo Persada

. 2006. Analisis Usahatani. Jakarta. UI-Press. 110 hal

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno 2008 Budidaya Ikan dan Sayuran Dengan Sistem Akuaponik. Penebar Swadaya. Jakarta

Utami, 2020. Perkuat Ketahanan Pangan Saat Pandemi dengan Aquaponik Budikdamber




DOI: https://doi.org/10.32502/jsct.v13i1.8473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License

Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis by jurnal.um-palembang.ac.id/societa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.