ANALISIS PERILAKU PEMASARAN KOMODITAS NANAS BERDASARKAN DEMOGRAFI PETANI DESA SENURO

Muhammad Andri Zuliansyah, Budi Fachrudin, Elmeizy Arafah, Abdi Kamil, Reshi Wahyuni

Abstract


ABSTRACT

This research is motivated by the importance of farmers in marketing pineapples as a leading commodity in Senuro Village. This study aims to analyze the marketing behavior of pineapple commodities based on the demographics of farmers in Senuro Village. The method used in this research is the survey method. The sampling method employed is simple random sampling with a sample size of 33 farmers. Research data were collected by distributing questionnaires. The data were processed and analyzed using the independent Sample t-Test. The research results indicate that the concept of pineapple commodity marketing behavior significantly affects the demographics of farmers in Senuro Village, and there is no significant difference between selling time, behavior towards the fruit, and buyers with education level and farming experience.

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya petani dalam memasarkan nanas sebagai komoditas unggulan di Desa Senuro. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku pemasaran komoditas nanas berdasarkan demografi petani desa senuro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode survei. Metode penarikan contoh dengan menggunakan metode simple random sampling dan jumlah sampel sebanyak 33 petani. Data penelitian diambil dengan menyebarkan kuisioner. Data diolah dan dianalisis dengan uji independent Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep perilaku pemasaran komoditas nanas berpengaruh signifikan terhadap demografi petani Desa Senuro dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara waktu jual, perilaku terhadap buah dan pihak pembeli dengan tingkat pendidikan dan pengalaman bertani.


Keywords


Demography; Commodities; Pineapple; Marketing; Behavior; Demografi; Komoditas; Nanas; Pemasaran; Perilaku

Full Text:

PDF

References


Afifuddin, Fachrudin, B., & Zuliansyah, M. A. 2023. Analisis Biaya Produksi dan Pendapatan Usahatani (Ananas Comosus L. Merr) dengan Pemanfaatan Sistem TanamanSela (Studi Kasus Desa Senuro Barat Kecamatan Tanjung BatuKabupaten Ogan Ilir). KaliAgri, 4(2).

Anggraeni, M., & Suharno, S.(2016. Sistem Pemasaran Nenas Di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Forum Agribisnis, 6(1), 91–110. https://doi.org/10.29244/fagb.6.1.91-110

Arikunto, S. 2017. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aulia, & Umikalsum, R. A. 2023. Analisis Pendapatan Usahatani Nanas Sebagai Tanaman Sela Karet (Hevea Brasiliensis Muell. Arg) di Desa Tanjung Bunut Kecamatan Belida Darat Kabupaten Muara Enim. Agriwana, 1(1), 58–64.

Badan Pusat Statistik. 2023. Provinsi Sumatera Selatan Dalam Angka. Sumatera Selatan

Elfadina, E. A., Rasmikayati, E., & Saefudin, B. R. 2015. Analisis Luas Dan Status Penguasaan Lahan Petani Mangga Dikaitkan Dengan Perilaku Agribisnisnya Di Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu. Analisis Luas Dan Status Penguasaan Lahan Petani Mangga Dikaitkan Dengan Perilaku Agribisnisnya Di Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu, 6(1), 69–79.

Firmansyah, F., Sulandjari, K., & Suhaeni. 2021. Analisis Pemasaran Buah Nanas di Desa Sarireja Kecamatan Jalancagak Kabupaten Subang. Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol. 7, No(4), 604–613. https://doi.org/10.5281/zenodo.5234629

Juita, F., Oktapiana, H. T., & Balkis, S. 2024. Preferensi Konsumen dan Faktor Yang Menentukan Pengambilan Keputusan Pembelian Buah Nanas Madu (ananas comosus l.merr) (Studi Kasus Kios Buah Sarlini Sahril di Kelurahan Bukit Merdeka Kecamatan Samboja Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur). Baselang, 4(1), 21–30. https://doi.org/10.36355/bsl.v4i1.126

Sinaga, S. C., & Dewi, N. 2016. Pemasaran Buah Nenas (Kajian Struktur, Perilaku, dan Penampilan Pasar) Di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Jurnal Ilmiah Pertanian, 13(1), 38–50.

Susanti, D., Listiana, N. H., & Widayat, T. 2016. Pengaruh Umur Petani, Tingkat Pendidikan dan Luas Lahan Terhadap Hasil Produksi Tanaman Sembung. Jurnal Tumbuhan Obat Indonesia, 9(2), 75–82. https://doi.org/10.22435/toi.v9i2.7848.75-82

Wibowo, A. P., Zakaria, W. A., & Lestari, D. A. H. 2021. Analisis Efisiensi Produksi Dan Struktur Biaya Pada Usahatani Nanas Di Desa Astomulyo Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 9(3), 364. https://doi.org/10.23960/jiia.v9i3.5317

Yunita, S., Suyatno, A., & Suharyani, A. 2024. Efisiensi Pemasaran Nanas Di Desa Padu Banjar Kecamatan Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara Pineapple Marketing Efficiency In Padu Banjar Village Simpang Hilir District Kayong Utara District. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), 8(3), 1134–1145.

Zulkarnain, Supriyadi, Supartini, Mandala, W., & Seta, A. P. 2020. Efisiensi Pemasaran Nanas Dengan Berbagai Grade di Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Manajeman Dan Bisnis, 17(2), 70–86.




DOI: https://doi.org/10.32502/jsct.v13i2.9230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


Creative Commons License

Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis by jurnal.um-palembang.ac.id/societa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.