ANALISIS TREN HARGA TELUR AYAM RAS DI KOTA BENGKULU

Reflis Reflis

Abstract


Telur ayam ras merupakan salah satu jenis telur yang paling banyak diproduksi oleh peternak di bengkulu. harga telur ayam ras murni sangat terjangkau dibandingkan dengan jenis telur lainnya. permintaan untuk telur ras akan terus berkembang seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk.  riset ini bertujuan untuk mengetahui pola perkembangan harga telur ayam ras di kota bengkulu, dan untuk mengetahui tren harga telur ayam ras di kota bengkulu. riset ini menggunakan analisis tren dengan metode regresi linier sederhana. suatu estimasi yang dilakukan atau peramalan pada masa yang akan datang dengan metode analisis statistika. memerlukan berbagai macam data (informasi) yang cukup banyak dan terlihat dalam rentang waktu yang cukup signifikan untuk membuat alat ukur, sehingga setiap komponen yang mempengaruhi perkembangan sampai seberapa banyak perubahan yang terjadi dapat dilihat dengan menggunakan penelitian ini. informasi yang digunakan diperoleh dari badan pusat statistik  kota bengkulu. hasil yang diperoleh yaitu kecenderungan (tren) positif dimana garis perkembangan harga yang tergambar meningkat secara terus menerus. kecenderungan yang terus meningkat dipengaruhi oleh beberapa hal yang terjadi dalam kurun waktu satu tahun, diantaranya yaitu: hari raya idul adha, hari natal dan juga tahun baru. garis tren linierny adalah y = 1942.9 + 3.96 x + e dimana  = 0,5661.

Keywords


Telur Ayam Ras, Tren, Harga

Full Text:

PDF

References


Dinas Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu. 2003. Standar Bibit Ternak Provinsi Bengkulu. Dinas Peternakan Provinsi Bengkulu. Bengkulu

Farid M, Jannah dan Maunatin. 2014. Analisis Kebijakan Harga Pada Komoditas Pertanian. Kementerian Perdagangan. Jakarta

Hastang, V.S. Lestari, A. Prayudi. 2011. Beberapa faktor yang mempengaruhi jumlah permintaan telur ayam ras oleh konsumen di Pasar Pa’baeng-Baeng Makassar. J. Agribisnis. 10 (3). 1-13

Ilham, Nyak. 2019. Analisis Kebijakanan Pertanian. Ejurnal Litbang Pertanian. 17(1)

Indrawati, A. 2017. Analisis Tren Kinerja Keuangan Bank Kaltim. Research Journal of Accounting and Business Management (RJABM). 1:226- 235.

Jazil, N., A. Hintono, S. Mulyani. 2013. Penurunan kualitas telur ayam ras dengan intensitas warna coklat kerabang berbeda selama penyimpanan. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan. 2(1):43-47.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Makridakis. 1999. Metode dan Aplikasi Peramalan. Diunduh dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidi kan/maryatissimsi/7strategipembelajaraninku iripdf.pdf. Pada tanggal 26 Maret 2021

Nova, I., T. Kurtini, V. Wanniatie. 2014. Pengaruh lama penyimpanan terhadap kualitas internal telur ayam ras pada fase produksi pertama. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu 2(2):16-21.

Nuryati, Yati. 2012. Variabilitas Harga Telur Ayam Ras di Indonesia. Jurnal Kemendag. 6(2)

Rismayanti, D. (2016). Uji Kadar Protein, Kadar Air, dan Daya Simpan Telur Asin Hasil Pengolahan dengan Cara Pembuatan Serta Lama Pemeraman yang Berbeda sebagai Sumber Belajar Biologi. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang.

Safitri, Nia. 2020. Analisis Permintaan Dan Penawaran Telur Ayam Ras Di Indonesia. Skripsi. Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Jember. Jember(dipublikasikan)

Saraswati dan Baridwan, Zaki. 2013. Penerimaan Sistem E-Commerce: Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat dan Persepsi Risiko. JIMFEB. 1(2)

Suprijatna, E. U, Atmomarsono. R, Kartasudjana. 2005. Ilmu Dasar Ternak Unggas. Penebar Swadaya, Jakarta.

Suswono dan Sedyaningsih, E.R. (2010). Tanya Jawab Seputar Telur Sumber Makanan Bergizi. Booklet. Pencanangan Gerakan Nasional “Peternak Sehat Ternak Sehat, Tenjolaya, Cicurug, Sukabumi- Jawa Barat. 1-8.

Yuwanta, T. 2004. Dasar ternak Unggas. Penerbit Kanisius, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.32502/sa.v3i2.3972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.