PEDAMPINGAN MANAJEMEN TATA KELOLA BUMDES DAN UMKM DI DESA PAYO KECAMATAN MERAPI BARAT KABUPATEN LAHAT

Gumar Herudiansyah, Yulian Sahri, Titi Hasanah, Melia Andayani, Restu Nugraha

Abstract


Faktor-faktor dari keberhasilan pengembangan BUMDes danUMKM di antaranya adalah faktor manajemen produksi, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, dan manajemen pemasaran dan informasi agar bisa melakukan akses global. Selama ini kualitas sumber daya manusia atau pengelola yangbekerja di BUMDes dan UMKM pada umumnya masih sangat rendah, hal ini ditunjukkan dengan masih rendahnya kualitas produk, terbatasnya kemampuan untuk mengembangkan produk-produk baru, lambannya penerapan teknologi, dan lemahnya pengelolaan usaha. Tujuan kegiatan ini adalah Mendukung perkembangan dan kemajuan usaha-usaha yang    ada didesa khususnnya. Maka hasil dari pendampingan manajemen tata kelola dalam diharapkan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat dan desa yang mempunyai Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Payo Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. Kemudian diharapkan kedepan UMKM dan BUMDes mampu melaksanakan fungsional manajemen tata kelola meliputi tata kelola keuangan, produksi, sumberdayamanusia,danpemasaran. UMKM dan BUMDes mampu dengan lebih dewasa dan bijaksana dalam menyikapi serta cepat mencari solusi dalam setiap permasalahan yang terjadi saat mengembangkan usaha

Keywords


PENDAmpingan, Tata Kelola, BUMDES, UMKM

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Chandra dan Dadang Hermawan. (2013) E-BUSINESS & E- COMMERCE. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Gunawan Chakti, Andi. 2019. DIGITAL MARKETING. Makasar. Celebes Media Perkasa.

R. Pradika dan D. Kristiastuti, “MANAJEMEN USAHA RUMAH TANGGA KERUPUK IKAN DAN RENGGINANG PARA MASYARAKAT DI DESA PABEYAN KECAMATAN TAMBAKBOYO KABUPATEN TUBAN,” Boga, pp. 85-90, 2016.

Kotler,Philip dan Gary Armstrong. 2012. PRINSIP-PRINSIP PEMASARAN. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Imelda dan S. Rini, “PENINGKATAN KUALITAS PRODUK, PERLUASAN PANGSA PASAR DAN PERBAIKAN MANAJEMEN USAHA PADA HOME INDUSTRY RENGGINANG,” UDAYANA MENGABDI, pp. 98-105, 2016.

M. Candra dan G. Herudiansyah, “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Total Pembiayaan Perbankan Syariah Yang Dimediasi Oleh Variabel Aset,” Inspirasi Bisnis dan Manajemen, pp. 117-128, 2018.

N. Wijayanti, Titik. 2012. Perkembangan Usaha Kecil dan Menengah. Jakarta. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.32502/sa.v3i2.3976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.