PENYULUHAN PERAN AKUNTANSI DAN PAJAK DALAM UMKM

Mella Handayani, Nurul Hutami, Fenty Astrina

Abstract


kegiatan penyuluhan peran akuntansi dan pajak dalam UMKM yang bertempat di Jl. Mayor Zen, lr. Segaran, gang segar 6, Rt 21, Rw 06, No 02 Kel. Sei Selayur, Kec. Kalidoni, Kota palembang terutama pada bidang makanan yakni pabrik Tahu milik Bapak Oyot ini memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan yang benar mengenai pentingnya akuntansi dan pajak sehingga bisa diterapkan dalam UMKM dan kehidupan sehari-hari dengan cara meningkatkan tarap hidup dan melakukan pengelolaan keuangan yang baik. Dengan adanya ini diharapkan lebih memotivasi serta meningkatkan UMKM dan menunjang perekonomian warga sekitar. Kegiatan pelaksanaan penyuluhan ini dilakukan tatap muka dengan target dan menggunakan metode pendidikan orang dewasa (POD). Beberapa hasil yang dicapai merupakan kegiatan yang telah dilakukan seperti perkenalan akuntansi dan simulasi akuntansi biaya dalam UMKM, simulasi perpajakan, serta simulasi analisis laporan keuangan.

Keywords


Penyuluhan, Akuntansi, Pajak, UMKM, Pembuatan Tahu Pong

Full Text:

PDF

References


Febrianto dan Maria. (2013). Pengelolaan dan Pengembangan Usaha Produksi Tahu pada Perusahaan Keluarga UD. Pabrik Tahu Saudara di Surabaya. Program Manajemen Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Fajrur Rakhman Holle dan Retno Mustika Dewi. (2014). Pengembangan Industri Kecil Tahu pada Sentral Industri Tahu dan Tempe Desa Sepande Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Univeristas Negeri Surabaya. Surabaya.

Purbowatiningrum Ria Sarjono, Nies Suci Mulyani, Agustina L.N.Aminin, & Wuryanti. (2016). Profil Kandungan Protein dan Tekstur Tahu Akibat Penambahan Fitat. J.Kim. sains & Apl, 9 (1).

Elsa Saleh, La Ode Alwi, & Dhian Herdhiansyah. (2020). Kajian Proses Pengolahan Tahu pada Industri Tahu karya Mulia di Desa Labusa Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri pertanian, Volume 1 Nomor 3 : 185-190

Daniel Wolo, Yulius Saprianus Dala Ngapa & Maria L.S.Hariyanti. (2020). Pengabdian KKN-Mandiri Desa Golo Wuas Kabupaten Manggarai Timur. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(1), 24-31.




DOI: https://doi.org/10.32502/sa.v3i1.3979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.