KIAT SUKSES MENGEMBANGKAN UMKM “JAMAN NOW” Penyuluhan Tips Labelling Produk UMKM Kerupuk Kemplang Kota Kayu Agung

Lesi Agusria, Abdul Hamid, Dewi Puspa, Ike Widyaningsih

Abstract


Menjaga ketangguhan UMKM ditengah Pandemi bukanlah hal yang mudah dilakukan, diperlukan berbagai upaya yang dapat meningkatkan kemampuan dan ketangguhan UMKM dalam mengolah usahanya, seperti pembinaan, pemberdayaan dan pengembangan, namun realitasnya saat ini upaya-upaya tersebut sulit dilakukan karena pemerintah telah sangat disibukkan dengan berbagai program kebijakan untuk mengatasi pandemic covid-19. Hal ini juga berlaku bagi UMKM Kerupuk Kemplang di Kayuagung, yang saat ini sangat terdampak dengan adanya pandemic diantaranya menurunnya omset penjualan karena berbagai keterbatasan Pandemi. Untuk itu diperlukan berbagai strategi untuk kembali meningkatkan performa UMKM, salah satunya adalah dengan melakukan inovasi produk seperti penamaan (Merek), pengemasan dan label produk. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan penyampaian materi penyuluhan dengan metode ceramah dan memanfaatkan sarana deskripsi materi dan slide power point untuk memperjelas materi yang disampaikan terutama penjelasan mengenai kiat-kiat dalam inovasi produk dan bagaimana cara untuk membuat kemasan produk menjadi menarik bagi konsumen dan memberikan masukan mengenai syarat dan ketentuan dalam pembuatan ijin produksi dan sertifikasi halal serta memperkenalkan e-commerce sebagai penyedia layanan galery produk untuk membantu memasarkan produk kerupuk kemplang khas Kayuagung ke pasar nasional bahkan mencapai Internasional.

Keywords


UMKM, Inovasi produk, Kerupuk Kemplang Kayuagung

Full Text:

PDF

References


Dismawan, Rangga. 2016, Pengaruh Kreativitas Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing. Jurnal Manajemen. Vol. 2 No. 3

Fandy Tjiptono. 2005. Strategi Pemasaran, Andi Offset, Edisi Kedua, Yogyakarta

Kotler. 2005. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaa dan Implementasi dan Kontrol, Jilid I, Erlangga, Jakarta

-------. 2007. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Swastha, Basu dan T. Hani Handoko. 2001. Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Keempat

---------------------dan Irawan. 2005. Asas-asas Marketing, Liberty, Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.32502/sa.v3i1.4143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.