PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PEMBUATAN SABUN CUCI TANGAN CAIR PADA KELOMPOK PAGUYUBAN RT 02 KAMPUNG BARU KELURAHAN GROGOL, KECAMATAN LIMO

Muhammad Sahrul, Tri Yuni Hendrawati, Helfi Gustia, Fajar Raditya

Abstract


Pemberdayaan dilakukan dengan kegiatan pelatihan pembuatan sabun cuci tangan cair. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan pemahaman serta keterampilan ibu – ibu dengan memanfaatn potensi yang dimilikinya untuk meningkatkan nilai tambah.  Adapun kegiatan pemberdayaan yang dikemas dengan pelatihan yang akan dilakukan yaitu pembuatan sabun cuci tangan cair. Pelaksanaannya dilakukan dengan    berbagai metode pelaksanaan yaitu survey,  ceramah dan diskusi  serta praktek secara langsung pembuatan sabun  cuci tangan cair. Hasil kegiatan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat peserta menyambut dengan antusias serta memberikan kontribusi aktif dalam berpartisipasi mengikuti kegiatan pelatihan dengan harapan peserta dapat melakukan tahapan pembuatan sabun cuci tangan cair secara mandiri dengan kelompoknya sebagai hasil dari pelatihan yang telah diberikan.

Keywords


pemberdayaan, paguyuban, kampung baru, sabun cuci tangan cair

Full Text:

PDF

References


Tranggono, R.I. dan Latifah, F. (2007). Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetika(h. 55 – 61). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Asri Widyasanti dkk. (2018). Upaya Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pembinaan Usaha Sabun Cair Handmade Di Kelompok Rumah Insan Juara, Desa Cilengkrang, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 8, No 2 (2018)

Robiyanto dkk. 2017. Pelatihan Pembuatan Sabun cuci tangan Lidah Buaya Pada Kelompok Aspeliya Pontianak. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Gervasi. Vol 1, No 1.




DOI: https://doi.org/10.32502/sa.v3i2.4149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.