PELATIHAN DAN PROMOSI KRUPUK AMPLANG MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT KAMPUNG GURIMBANG

Asmawati Asmawati, Winda Jubaidah, Surti Milarisa

Abstract


Ikan adalah salah satu sumber daya alam yang dapat dijadikan berbagai olahan pangan. Salah satunya adalah kerupuk amplang khas Kalimantan Timur. Amplang ikan sendiri merupakan salah satu olahan makan yang banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Bentuknya yang sederhana dan enak dimakan menjadikannya salah satu camilan yang sering dicari. Di daerah Guimbang, Berau, ikan merupakan sumber daya yangt cukup berlimpah. Untuk meningkatkan harga jual dan nilai ekonominya, pengolahan ikan menjadi amplang sangat direkomendasikan oleh Dinas Koperindag dan dinas lain. Cara pembuatannya dan peralatan yang sederhana juga menjadi salah satu alasan yang kuat. Apalagi amplang juga merupakan salah satu jenis makanan oleh-oleh khas dari Berau, Kalimantan Timur. Hasil dari pengabdian ini adalah masyarakat berpartisipasi aktif dalam pelatihan pembuatanĀ  amplang ikan dan masyarakat menjadi lebih paham tentang pengolahan pangan, nilai gizi, dan amplang ikan tersebut sebagai produk alternatif untuk meningkatkan nilai jual ikan, serta memiliki daya simpan yang tahan lama dibandingkan dengan olahan lain seperti ikan asin atau abon. Selain itu, olahan ini juga dapan menjadi alternatif sumber pendapatan tambahan bagi masyarakat sekitar.


Keywords


pelatihan, promosi, media sosial, kampung Gurimbang, Amplang

Full Text:

PDF

References


Gunelius, Susan. 2011. 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies.

Suwarjoyowirayatno, dkk. 2018. PKM Peningkatan Kemampuan Pengolahan Produk Hasil Perikanan Bagi Istri Nelayan dan Ibu Rumah Tangga Desa Batu Putih. Jurnal PKM Amaliah. Vol. 2, No. 2, hal. 36-48.

Weni. K, dkk. 2020. Pengaruh Penambahan Tepung Rumput Laut (Eucheuma Sp.) Terhadap Mutu dan Karakteristik Amplang Ikan Tongkol (Euthynnus affinis). Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian Indonesia. Vol. 13, No.01 2021.

Pratama RI, Rostini I, Kurniawati N. 2017. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Keterampilan Produk Olahan Hasil Perikanan di Wilayah yang Terkena Dampak Genangan Jatigede Kabupaten Sumedang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1): 60-63.

Anang Sugeng Cahyono, Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Jurnal https://journal.unita.ac.id.

Fahmi Anwar. Perubahan dan Permasalahan Media Sosial. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Vol. 1, No. 1, April 2017: hlm 137-144.

Omar SB. 2012. Dunia Ikan. Penerbit: Gadjah Mada University. Yogjakarta.

https://dkp.jatimprov.go.id/index.php/2015/10/18/mengenal-nilai-gizi-ikan/ diakses tanggl 27 Oktober 2021 pukul 16.04 wita




DOI: https://doi.org/10.32502/sa.v4i1.4255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.