PENYULUHAN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI DESA KARANG CEMES

Abdul Hamid

Abstract


World Health Organization (WHO) (1995) memperkirakan populasi didunia  yang berisiko terhadap penyakit demam berdarah dengue (DBD) mencapai 2,5-3  miliar terutama yang tinggal di daerah perkotaan di negara tropis dan subtropics  termasuk juga Indonesia yang kini tengah dilanda Demam Berdarah Dengue (DBD), Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan oleh nyamuk Aedes aegepty. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperluas dan menambah informasi kepada masyarakat khususnya ibu rumah tangga tentang penjangkitan dan pencegahan wabah Demam Berdarah Dengue (DBD), Adapun Manfaat Kegiatan pengabdian ini adalah Mengurangi kasus Demam Berdarah Dangue (DBD) di Sumbawa khususnya di Dusun Karang Cemes dan Menambah wawasan masyarakat tentang pencegahan Demam Berdarah Dangue (DBD). Metode Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode Sosialisasi / Penyuluhan langsung ke lapangan dengan melibatkan mahasiswa semester 2 Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat sebagai pelaksana  teknis. Penyuluhan dilakukan kepada Ibu rumah tangga dan Remaja di Dusun karang Cemes kec. Sumbawa kab. Sumbawa. Kegiatan promosi kesehatan kepada masyarakat ini akan dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan berupa Pembagian Leaflet mengenai infeksi DBD dan tindakan pencegahannya. Kegiatan Promosi Kesehatan / Penyuluhan ini di akan dilaksanakan pada 16 Desember 2021 pukul 09.00 WITA – Selesai di sekitar Pinggiran bantaran sungai Karang Cemes. 

Keywords


Dengue hemorrhagic fever

Full Text:

PDF

References


Anand, Krishna. 2013. Mengenali Keluhan Anda. Informasi Medika : Jakarta.

Arsin, A.A.. 2013. Epidemiologi Demam Berdarah Dengue (DBD) di

Indonesia. Makassar: Massagena Press.

Hadi, 2021. https://www.republika.co.id/berita/r5yegg382/kasus-dbd-di-kota-mataram-melonjak-1-orang-meninggal-dunia.

Hasmi, L. 2015. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Mengenai Penyakit DBD Dengan Penyakit DBD Pada Anak di Ruangan Anak RSUD Dr. Muhammad Zein Pada Tahun 2014.

Riyadi, 2021. Demam Berdarah Mulai Mengancam Sumbawa, Lombok Post.

Sukohar. 2014. Demam Berdarah Dengue (DBD). Medula, Volume. 2(No. 2), 1– 15.

Wati 2009. Bebera pa Faktor yang Berhubungan Dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kelura han Ploso Kecamatan Pacitan Tahun 2009. Jurnal Vektora Vol. III NO 1.

Widoyono.2014.Penyakit Tropis, Epidemiologi, Penularan, Pencegahan &. Pemberantasannya. Jakarta: Erlangga; 2011.




DOI: https://doi.org/10.32502/sa.v5i1.4360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.