PENYULUHAN PELATIHAN PEMANFAATAN LIMBAH RUMAH TANGGA UNTUK PUPUK ORGANIK CAIR (POC) DI RT. 28 RW.007 KELURAHAN SILABERANTI KECAMATAN JAKABARING KOTA PALEMBANG

Nurbaiti Amir, Berliana Palmasari, Gusmiatun Gusmiatun, Mustopa Marli Batubara, Ika Paridawati, Neni Marlina

Abstract


Pupuk organik adalah pupuk yang sebagian besar atau seluruhnya terdiri atas bahan organik yang berasal dari sisa tanaman atau hewan yang telah mengalami rekayasa berbentuk padat atau cair. Limbah rumah tangga khususnya limbah sayuran biasanya langsung dibuang begitu saja ke lingkungan, padahal limbah ini masih dapat dimanfaatkan misalnya dibuat sebagai pupuk organik cair dengan memanfaatkan mokroorganisme lokal (MOL). Mol mengandung unsur hara mikro dan makro juga mengandung bakteri yang berpotensi sebagai perombak bahan organik, perangsang pertumbuhan dan sebagai activator atau pengurai. Untuk itu perlu cara merombak limbah rumah tangga terutama limbah sayuran menjadi pupuk organik cair dengan memanfaatkan mikroorganisme lokal yang ada. Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan pengetahuan serta keterampilan kepada masyarakat tentang teknik pembuatan pupuk organik cair dari limbah rumah tangga dengan memanfaatkan mikroorganisme lokal. Lokasi Pengabdian Kepada Masyarakat di laksanakan di RT.28 RW.007 Kelurahan Silaberanti, Kecamatan Jakabaring, Kota Palembang, pada tanggal 30 Januari 2021. Metode yang digunakan yaitu penyuluhan dan pelatihan kepada peserta tentang pemanfaatan limbah rumah tangga untuk pupuk organik cair (POC). Pelaksanaan kegiatan diikuti 12 peserta, yang diikuti dengan antusias dan diskusi serta tanya jawab selama pelatihan berlangsung. Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat ini menunjukkan bahwa metode pengabdian berupa penyuluhan, pelatihan serta tanya jawab sangat tepat dalam memberikan motivasi kepada masyarakat untuk merombak limbah rumah tangga terutama limbah sayuran sebagai pupuk organik cair.


Keywords


limbah rumah tangga; limbah sayuran; pupuk organik cair

Full Text:

PDF

References


Eliyani, Susylowati dan Nazari, A.P.D. 2018. Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga sebagai Pupuk Organik Cair pada Tanaman Bawang Merah (Allium cepa var. ascalonicum (L.) Back). Jurnal AGRIFOR Vol. XVII No. 2 Oktober 2018. http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/AG/article/download/3613/3469 (diakses, 3 Maret 2021).

Indrajaya, A.R. dan Suhartini. 2018. Uji Kualitas dan Efektivitas POC dari MOL Limbah Sayuran terhadap Pertumbuhan dan Produktivitas Sawi. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/biologi/article/viewFile/13394/12927 (diakses, 3 Maret 2021)

Sutedjo, M.M. 2010. Pupuk dan Cara Pemupukan. Rineka Cipta. Jakarta.

Syaifudin, A., Mulyani, L dan E. Sulastri. 2011. Pemberdayaan Mikroorganisme Lokal sebagai Upaya Peningkatan Kemandirian Petani. J. Litri. Vol.17 No.2 : 51-59.




DOI: https://doi.org/10.32502/sa.v4i1.4371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.