KETERLIBATAN MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM DALAM PENGABDIAN MASYARAKAT MELALUI PENGAJARAN AL-QUR’AN DI DUSUN CICALUNG 2, DESA CIATER SUBANG, JAWA BARATA

Zahra Salsabila, rahma nadhiroh, Wahyu Nengsih

Abstract


Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pembelajaran dan bimbingan dalam menambah hafalan juz 30 dan pembenaran bacaan makhrojul huruf. Pengabdian ini menggunakan sistem tatap muka yang sebelumnya dilakukan observasi secara langsung dengan metode “Anjangsana”. Untuk hasil dan evaluasi pengabdian, kami menggunakan sistem quisioner dan wawancara dengan jumlah sampel 18 anak-anak, dengan 5 soal untuk evaluasi pengajar dan 27 soal untuk evaluasi materi. Hasil pengabdian menunjukan, menambahnya jumlah halaman bacaan baik iqro dan Al-Qur'an dengan rincian 12 anak masih iqro dan 6 anak sudah Al Qur'an, menambahnya nya hafalan anak anak di juz 30,dan meningkatnya bacaan yang benar dalam makhrojul huruf ( tempat keluarnya huruf Hijaiyah ).


Keywords


Mengaji, Hafalan Al-Quran, Makhrojul Huruf

Full Text:

PDF

References


Achmad Mubarok, Al-Irsyad dan Nafsiy Konseling Agama Teori dan Kasus, (Jakarta: Pt. Bina Rena Pariwara, 2002)

Fatmawati, Indah and Anisa Rahmadani. "MAKAKO Program (Mengaji Kala Corona) to Increase Self Awareness Children During the Pandemic Covid-19." JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT (2021): 1312. Document.

Hafid and Nurfadhilah. "Peran Penyuluh Agama dalam Peningkatan Minat Baca A-Quran pada Anak di Desa Tadang Pallie Kecamatan Cempa Kabupaten Pinang." IAIN Parepare (2020): ix. Document.

Hajrina, Sinta, Dudy Imamudin Effendy and Abdul Mujib. "Bimbingan Akhlaq pada Anak Melalui Sistem Halaqoh Quran." Irsyad: urnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam (2020): 165. Document.

Ilma Surya Istichomaharani, Sandra Sausan Habibah. "Mewujudkan Peran Mahasiswa Sebagai Agent of Change, Social Control, dan Iron Stock." Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper ke-2 "Pengintregrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Mayarakat Ekonomi ASEAN" 2016. Document.

Indonesia, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama Dan Pendidikan Keagamaan Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Lembaran Negara Republik Indonesi Tahun 2 003 Nomor 78 Tambahan Lembaran NegaraRepublik Indonesia Nomor 4301. Sekretariat Negara. Jakarta.

Martadinata, Arnan Muflihady. "Peran Mahasiswa dalam Pembangunan di Indonesia." Jurnal Humaniora (2019): 1. Document.

Muniarty, Puji, et al. "Pendampingan Baca Tulis Al-Quran Bagi Anak-Anak di Lokasi KKN Kelurahan Dodu Kota Bima." Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat (201). Document.

Sesetyo, Agus Milu. "Pelatihan Membaca Quran yang Baik." Jurnal Pengabdian Masyarakat (2016). Document.

Setyadi, Yorri Didit, et al. "Peran Mahasiswa Kampus Mengajar 2 Sebagai "Agent of Change dan Sosial Control". Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (2021): 1542. Document.

Syaifullah, Adiva, et al. "Penerapan Ilmu Tajwid dalam Pembelajaran Al-Quran untuk Mengembangkan Bacaan A-Quran." Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (2021): 1. Document.

Tri Pesi, “Urgensi Bimbingan Penyuluhan Islam dalam Membentuk Wanita Shalehah, Bimbingan Penyuluhan Islam”, (Palembang: Perpustakaan Dakwah dan Komunikasi, 2002)

Zaini, Nur, Khubni Maghfirotun and Khumaidi Abdillah. "Pendampingan Kegiatan Sholat dan Mengajidengan Menggunakan Strategi Parenting di TPQ Desa Cangkring Kecamatan Bluluk Kabupaten Lamongan." Nusantara Journal of Community Engagement (2020): 51. Document.




DOI: https://doi.org/10.32502/sa.v4i1.4549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.