PENDAMPINGAN SENAM REMATIK PADA LANSIA DENGAN GANGGUAN MUSKULOSKELETAL (REMATIK)

Keristina Ajul, lilik Pranata, Vincencius Surani, Bangun Dwi Hardika, Aniska Indah Fari

Abstract


lansia sangat rentang terhadap penyakit salah satunya adalah gangguan pada muskulosketal, salah satu yang menjadi permsalahan pada lansia adlah sakit sendi seperti rematik, maka perlunya adanya intrevensi yang dapat mengurangi sakit sendi pada lansia dan salah satu olahraga fisik yang sederhana dan mudah dilakukan adalah senam rematik, senam rematik berfokus padamempertahankan lingkup gerak sendi secara maksimal, tujuan kegiatan pengabdian untuk mendampingan lansia melakukan senam rematik. Metode yang digunakan dengan dilakukan pretes dan postes untuk melihar rasa nyeri pada sendi lansia, jumlah peserta pengabdian 20 orang lansia yang mengami permasalah rematik. kemudian lansia di ajari senam rematik, kemudian di dampingi dalam melakukan senam rematik yang dilakukan 3 kali dalam semingu di pagi hari dengan durasi 10-15 menit, hasil kegiatan menunjukan bahwa senam rematik tidak signifikan menurunkan nyeri sendi akan tetapi perlu adanya kegiatan yang teratur dalam melakukan senam sehingga lansia dapat mendapatkan hasil yang maksimal. Maka perluanya bagi keluarga yang mempunyai lansia dapat melakukan gerakan senam rematik secara teratur juag dapat meningkatakn kebugaran pada lansia

Keywords


senam rematik, lansia

Full Text:

PDF

References


Ajul, K., Pranata, L., Daeli, N. E., & Sukistini, A. S. (2021). Pendampingan lansia dalam meningkatkan fungsi kognitif melalui permainan kartu remi. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(2), 195-198.

Fari, A. I. L. P. A. S. S. (2021). Pendampingan Progressive Muscle Relaxation (Pmr) Terhadap Tingkat Insomnia Pada Lansia. JourIndonesian Journal Of Community Service nal of Holistic Nursing Science, 1(1), 156–161.

Hardika, B. D., & Pranata, L. (2019). Pendampingan Senam Lansia Dalam Meningkatkan Kualitas TiduR. 2(2), 5.

Pranata, L. (2020). Fisiologi 1. Universitas Katolik Musi Charitas.

Pranata, L., Indaryati, S., & Fari, A. I. (2020). Pendampingan Lansia Dalam Meningkatkan Fungsi Kognitif Dengan Metode Senam Otak. 1(4), 5.

Pranata Lilik. (2020a). Fisiologi 2. Universitas Katolik Musi Charitas.

Pranata, L., Fari, A. I., & Indaryati, S. (2021). The Effects of Brain Gym and Coloring Pictures on Cognitive Functions of the Elderly. Media Karya Kesehatan, 4(1).

Pranata, L., Indaryati, S., & Fari, A. I. (2020). Pendampingan Lansia Dalam Meningkatkan Fungsi Kognitif Dengan Metode Mewarnai gambar. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(2), 141-146.

Pranata, L., Indaryati, S., & Fari, A. I. (2020). Pendampingan Lansia Dalam Meningkatkan Fungsi Kognitif Dengan Metode Senam Otak. Madaniya, 1(4), 172-176.

Pranata, L., Indaryati, S., & Fari, A. I. (2021). Rom Movement Training On Care Giver. JCES (Journal of Character Education Society), 4(1), 29-34.

Pranata Lilik. (2020b). Perawatan lansia di Era pandemi Covid 19. Universitas Katolik Musi Charitas

Daeli, N. E., Pranata, L., & Ajul, K. (2022). Pendampingan Lansia Dalam Meningkatkan Fungsi Kognitif Dengan Bermain Puzzle. JCES (Journal of Character Education Society), 5(2), 403-407..




DOI: https://doi.org/10.32502/sa.v4i2.5409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.