PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEDULI ODGJ BERBASIS PROGRAM BUMI USAHA JIWA PRODUKTIF

Muhammad Sahrul, Sokhivah Sokhivah, Zulfikar Ramadan, Alfan Ramdoni, Akbar Mukti Laksana

Abstract


Kesehatan jiwa merupakan kondisi seseorang individu dapat berkembang secara fisik, mental, spiritual dan sosial sehingga individu tersebut menyadari kemampuan sendiri, jiwa yang sehat bagi individu dapat mengatasi tekanan dari luar maupun tekanan yang terjadi dalam dirinya, dapat bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya.Lembaga rehabilitasi jiwa merupakan tempat yang memberikan pelayanan kepada klien yang mempunyai masalah kejiwaan guna membantu mengembalikan kualitas hidup dan tujuan hidup mereka. Salah satu lembaga yang menyikapi persoalan diatas adalah Pondok Rehabilitasi Jiwa Baitul Mumtaza Hambaro yang berlokasi di Jalan Raya Pasir Hihid, Kp. Pabuaran Tengah RT 003 RW 03 Desa Hambaro, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, merupakan lembaga yang bergerak untuk merawat orang dengan gangguan jiwa, bermula dari rasa empati dengan memenuhi fasilitas dan merawat orang dengan gangguan jiwa terlantar dan ODGJ dengan keluarga. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan dilakukan secara bertahap dan sistematis sebagaimana yang disampaikan pada metode pelaksanaan. Hasil dari kegiatan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat   peserta menyambut dengan antusias serta memberikan kontribusi aktif dalam berpartisipasi mengikuti kegiatan    ini dengan harapan  peserta dapat   mengelola dengan baik dalam berwirausaha.

Keywords


pemberdayaan, ODGJ, Jiwa Produktif

Full Text:

PDF

References


Anindiya, A. Hidayat, Y. & Apriati, Y. 2019. "Peran Pekerja Sosial dalam Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial di Panti Sosial Bina Laras Budi Luhur Jalan Ahmad Yani Km 29,6 Kelurahan Guntung Payung Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru". Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi. Vol. 1, no. 2. hal 97-106.

Indrayani, Y. Aryanti Wahyuni, T. 2021. "Situasi Kesehatan Jiwa Di Indonesia", https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/InfoDatin-Kesehatan-Jiwa.pdf. diakses pada tanggal 10 Maret 2022 pukul 13.07.

Jayanti, D, M, A, D. dkk. 2020. Peningkatan Derajat Kesehatan Mental melalui Terapi Aktivitas Kelompok dalam Posyandu Jiwa. Jurnal Empathy. vol. 1, no. 1. hal 1-95.

Mashudi, S. Nasriati, R. & Octaviani, E. 2020, "Terapi Okupasi Sebagai Sarana Peningkatan Kesehatan Jiwa Penderita Skizofrenia". Jurnal Abdidas. Vol. 1, no. 5, hh 313-317.




DOI: https://doi.org/10.32502/sa.v5i1.5645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.