PENDIDIKAN POLITIK PEREMPUAN BAGI PENGURUS PIMPINAN CABANG NASYIATUL AISYIYAH CISEENG

Djoni Gunanto, Septa Candra, Usni Usni, Alfan Ramdoni, Chikal Akmalul Fauzi

Abstract


Pendidikan politik adalah sebuah upaya dalam bidang pendidikan yang sudah terencana secara baik dalam rangka meningkatkan tanggung jawab serta moralitas individu dalam mencapai tujuan politik. Untuk itu dalam hal ini pendidikan politik adalah satu upaya untuk memberikan pemahaman mengenai politik kepada masyarakat berdasarkan pemahaman rakyat tentang demokrasi dimana mereka dituntut untuk dapat menjalankan tugas-tugas partisipasi agar mereka dapat berpartisipasi dengan baik dalam sistem politiknya. Pendidikan politik juga didefinisikan sebagai pendidikan orang dewasa, dan tujuannya adalah untuk membimbing individu untuk mewujudkan kemampuan orang yang bebas dan kemampuan untuk mengembangkan status warga negara. Pendidikan politik juga dapat dijadikan sebagai sebuah sarana untuk penyampaian gagasan politik yang pada akhirnya adalah bermuara kepada tingkat kesadaran politik masyarakat yang meningkat. Pentingnya kesadaran politik akan berimplikasi kepada sadarnya hak dan kewajiban sebagai warga negara yang mampu berkontribusi kepada proses pembangunan negara. Hasil dari pengabdian ini adalah masyarakat berpartisipasi aktif dalam kegiatan pendidikan politik perempuan dan masyarakat menjadi lebih paham tentang pentingnya keterlibatan perempuan di bidang politik.

Keywords


pendidikan, politik, perempuan, nasyiatul aisyiyah

Full Text:

PDF

References


Mulia Musdah Siti, (2005), Muslimah Reformis (Perempuan Pembaharu Keagamaan), Bandung:PT Mizan Pustaka.

Qaradhawi Yusuf. (2003), Qardhawi Berbicara soal Wanita. Bandung : Arasy.

Hamka, (2015), Buya Hamka berbicara tentang wanita. Jakarta : Gema Insani.

Jurdi Syarifuddin,( 2011) “Muhammadiyah dan Gerakan Civil Society: Bergerak Membangun Kultur Madani,” Jurnal Sulesana Wawasan Keislaman 6 (2)

Handoyo Eko dan Lestari Puji, (2017), Pendidikan Politik (Yogyakarta: Pohon Cahaya

Istikharah dan Asrinaldi, (2019), “Pendidikan Politik Bagi Masyarakat Sebagai Penyelenggara Pemilu Tingkat Ad Hoc,” Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 6 (2).

Agung Iskandar dan Rumtini, (2010), “Civil Society dan Pendidikan Karakter Bangsa”, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. 16 Edisi Khusus III Oktober.

https://www.untan.ac.id/pendidikan-politik- berperspektif-gender-sebagai-solusi-meningkatnya-keterpilihan-perempuan-di-parlemen

https://www.kemenkopmk.go.id/partisipasi-politik-perempuan-di-indonesia-penting-bagi-kemajuan-bangsa

https://mediaindonesia.com/opini/339396/pendidikan-politik-bagi-perempuan




DOI: https://doi.org/10.32502/sa.v5i1.5646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.