PENDAMPINGAN PENGELOLAAN KEUANGAN PADA UKM PEMPEK CEK NIA PALEMBANG

Zein Ghozali, Sri Sutandi, Hilwa Anggraini, Roy Saleh, Nanda Revita, Yudi Yudi, Ananda Putri

Abstract


Pengabdian masyarakat ini berupa kegiatan pendampingan pengelolaan keuangan pada Pempek Cek Nia Palembang. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu UMKM khususnya Pempek Cek Nia Palembang untuk dapat mengelola keuangan secara baik dan tertib sehingga membantu kelancaran usaha dan dapat meningkatkan omzet penjualan perusahaan. Dengan pengelolaan keuangan yang baik juga dapat meningkatkan pendapatan dan laba usaha sehingga usaha dapat bertahan dan beroperasi secara berkesinambungan. Hasil pengabdian berupa pendampingan pengelolaan keuangan pada UKM Pempek Cek Nia Palembang perhitungan keuangan usaha pada Pempek Cek Nia menggunakan nalisis sumber penggunaan dana diarahkan pada penerapan matching principle dalam pendanaan yang terdiri dari sumber penerimaan dari operasional yaitu penjualan pempek Cek Nia Palembang baik melalui penjualan langsung maupun berasal dari pesanan pelanggan baik untuk dikonsumsi.untuk pengeluaran sebagian besar dari operasional usaha seperti pembelian bahan baku ikan dan bahan pembantu, bahan pendukung seperti bahan bakar gas, plastic, packing dan lain-lain, biaya ongkos kirim baik di dalam kota maupun diluar kota Palembang dan biaya utilitas seperti listrik, air dan telekomunikasi.

Keywords


pendampingan, pengelolaan keuangan, matching principle

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, I. R. (2013). Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris pada Perusahaan Go Public yang Terdaftar Di Jakarta Islamic Index Periode 2008-2012). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Aditya Febrianto, Amaria Magdalena Minarsih, & M Mukeri Warso. (2016).

Andalan, Tri Rahmawati dan Hikmah. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja UMKM Di Kabupaten dan Kota Semarang. E-Jurnal Manajemen

Shinta. Manajemen Pemasaran (2017) Malang: UB Press

Wahyudi. (2015). Kinerja Karyawan Ditinjau Dari Gay a Kepemimpinan dan Segi Upah Pada PT.Safari Salatiga




DOI: https://doi.org/10.32502/sa.v5i1.6249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.