PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DENGAN METODE PARTICIPATORY ACTION RESEARCH

Kusmawati Kusmawati, Tidar Khatulistiwa, Sukma Putri, Welminci Relmasira

Abstract


Pengelolaan keuangan usaha memerlukan informasi keuangan yang benar agar perusahaan dapat berlangsung hidup lama. Informasi keuangan yang benar disajikan dalam bentuk laporan keuangan. tidak semua pengelola usaha mampu menyusun laporan keuangan dan salah satunya adalah Bapak Umar Daeng Pattah pemilik usaha Hotel Mini Kokas yang berlokasi di Kota Fakfak Papua Barat yang menjadi mitra dalam kegiatan pengabdian. Kegiatan pengabdian ini berupa pelatihan dan pendampingan dengan metode Participatory Action Research. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dari bulan januari sampai dengan bulan mei dengan menggunakan lokasi kegiatan di tempat usaha mitra. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman dan menumbuhkan kemandirian mitra dalam menyusun laporan keuangan. Hasil dari kegiatan menunjukkan perubahan perilaku mitra, yaitu tumbuhnya keinginan mitra untuk Menyusun sendiri laporan keuangan secara lengkap selama setahun agar dapat diketahui keuntungan atau kerugian usaha.

Keywords


Pelatihan, Laporan Keuangan, Participatory Action Research

Full Text:

PDF

References


Badruzaman, Jajang., Kusmayadi, Dedi. 2014. Akuntansi Hotel. ISBN: 978-602-99904-7-8.

Hady, Wisnu. 2020. Akuntansi Perhotelan. Modul Mata Kuliah., Universitas BSI.

Jerry, Weygandt. 2013. Financial Accounting. Hoboken: New Jersey., John Willey & Sons.

Kieso, Weygandt dan Warfield. 2017. Akuntansi Keuangan Menengah volume 1. Jakarta: Salemba Empat

Mahmud, Daud, Muhammad., Safitri, Anis, Mely. 2022. Pendampingan UMKM Dalam Penataan Pencatatan Keuangan Bisnis Menggunakan Lamikro Di Kota Ternate. SEMBADHA 2022. PKN STAN Press Ternate.

Nugroho, Vidyarto. 2022. Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan pada UMKM berdasarkan SAK EMKM pada PT Tanah Mas Raya. SERINA UNPAR IV UNTAR 2022: Pemberdayaan dan Perlindungan Konsumen di Era Digital, Jakarta 20 april 2022. 1049-1056.

Ningtyas, Jilma Dewi Ayu, M. Si, and P. Pusmanu. "Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAKEMKM)(Study Kasus Di UMKM Bintang Malam Pekalongan)." Riset & Jurnal Akuntansi 2.1 (2017): 13. http://owner.polgan.ac.id/index.php/owner/article/download/28/12

Silvita, Fitri., Avianto,Rizky, Audy., Safitri, Nurmelia., Asifa Fikriyah., Damayanty, Prisila., Dharma, Ady, Diaz., Devvy Novelizza. 2020. Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah Rapiin Co. Jurnal pengabdian Teratai., Volume 1 No 2 Desember 2020., ISSN: 2746=6507., pp 94-109.

Suwendy., Basir, Abd., Wahyudi, Jarot. 2022. Metodologi pengabdian Masyarakat., Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi keagamaan islam., Direktoran Pendidikan islam kementrian agama RI., Cetakan 1., Oktober 2022.

Wiryanata, Agung, Ign. 2020. Pengantar Akuntansi Hotel., Udayana Univesity Presss. Denpasar Bali.




DOI: https://doi.org/10.32502/sa.v5i1.6269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.