PENDAMPINGAN LANSIA MELALU SENAM LANSIA SEBAGAI UPAYA MENGATASI INSOMANIA

Lilik Pranata, Vincencius Surani, Ketut Suryani, Veroneka Yosefpa Winda Handayani, Maria Tarisia Rini

Abstract


lansia sangat rentang terhadap penyakit salah satunya adalah gangguan tidur, salah satu yang menjadi permsalahan pada lansia adalah insomnia, maka perlunya adanya intrevensi yang dapat mengurangi gangguan tidur pada lansia dan salah satu olahraga fisik yang sederhana dan mudah dilakukan adalah senam, senam berfokus pada gerakan yang dapat meberikan dampak postif relaksasi, tujuan kegiatan pengabdian untuk Pendampingan Lansia Melalui Senam Lansia Sebagai Upaya Mengatasi Insomnia. Metode yang digunakan dengan dilakukan pretes dan postes untuk melihar adanya gangguan tidur lansia, jumlah peserta pengabdian 15 orang lansia yang mengami permasalah insomnia. kemudian lansia di ajari senam, kemudian di dampingi dalam melakukan senam yang dilakukan 3 kali dalam semingu di pagi hari dengan durasi 10-15 menit, hasil kegiatan menunjukan bahwa senam tidak signifikan menurunkan gangguan tidur akan tetapi perlu adanya kegiatan yang teratur dalam melakukan senam sehingga lansia dapat mendapatkan hasil yang maksimal. Maka perluanya bagi keluarga yang mempunyai lansia dapat melakukan gerakan senam secara teratur juga dapat meningkatakn kesehatan pada lansia.

Keywords


senam, lansia, Insomnia

Full Text:

PDF

References


Ajul, K., Pranata, L., Daeli, N. E., & Sukistini, A. S. (2021). Pendampingan lansia dalam meningkatkan fungsi kognitif melalui permainan kartu remi. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(2), 195-198.

Fari, A. I. L. P. A. S. S. (2021). Pendampingan Progressive Muscle Relaxation (Pmr) Terhadap Tingkat Insomnia Pada Lansia. JourIndonesian Journal Of Community Service nal of Holistic Nursing Science, 1(1), 156–161.

Hardika, B. D., & Pranata, L. (2019). Pendampingan Senam Lansia Dalam Meningkatkan Kualitas TiduR. 2(2), 5.

Pranata, L. (2020). Fisiologi 1. Universitas Katolik Musi Charitas.

Pranata, L., Indaryati, S., & Fari, A. I. (2020). Pendampingan Lansia Dalam Meningkatkan Fungsi Kognitif Dengan Metode Senam Otak. 1(4), 5.

Pranata Lilik. (2020a). Fisiologi 2. Universitas Katolik Musi Charitas.

Pranata, L., Fari, A. I., & Indaryati, S. (2021). The Effects of Brain Gym and Coloring Pictures on Cognitive Functions of the Elderly. Media Karya Kesehatan, 4(1).

Pranata, L., Indaryati, S., & Fari, A. I. (2020). Pendampingan Lansia Dalam Meningkatkan Fungsi Kognitif Dengan Metode Mewarnai gambar. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(2), 141-146.

Pranata, L., Indaryati, S., & Fari, A. I. (2020). Pendampingan Lansia Dalam Meningkatkan Fungsi Kognitif Dengan Metode Senam Otak. Madaniya, 1(4), 172-176.

Pranata, L., Indaryati, S., & Fari, A. I. (2021). Rom Movement Training On Care Giver. JCES (Journal of Character Education Society), 4(1), 29-34.

Pranata Lilik. (2020b). Perawatan lansia di Era pandemi Covid 19. Universitas Katolik Musi Charitas

Daeli, N. E., Pranata, L., & Ajul, K. (2022). Pendampingan Lansia Dalam Meningkatkan Fungsi Kognitif Dengan Bermain Puzzle. JCES (Journal of Character Education Society), 5(2), 403-407..




DOI: https://doi.org/10.32502/sa.v5i2.6385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.