INOVASI PEMBELAJARAN: MENGENALKAN FLEXIBLE LEARNING SEBAGAI PINTU GERBANG BLENDED LEARNING BAGI MAHASISWA BARU UKSW

Kristina Roseven Nababan, Galuh Ambar Sasi, Carolina Lita Permatasari

Abstract


Konsep Blended Learning sebagai alternatif pendidikan yang menjanjikan dengan menggabungkan pembelajaran daring (online) dengan interaksi tatap muka (offline), sehingga membentuk pengalaman belajar yang komprehensif dan terintegrasi. Blended Learning memadukan konsep pembelajaran berbasis teknologi sehingga dibutuhkan platform pembelajaran atau e-learning untuk dapat  menyampaikan pesan, dapat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan mahasiswa juga untuk memudahkan serta mewujudkan tercapainya pemahaman materi kepada mahasiswa, menciptakan suasana pembelajaran efektif, kreatif dan menciptakan kemampuan penguasaan teknologi pada diri mahasiswa. UKSW menyediakan Learning Management System Flexible Learning (F-Learn) sebagai platform pembelajaran. Fitur yang disediakan perlu dipelajari oleh mahasiswa terutama mahasiswa baru sehingga diperlukan pendampingan dan pelatihan bagi para mahasiswa baru UKSW. Melalui penerapan flexible learning, pendekatan blended learning diperkenalkan secara holistik, memberikan pengalaman belajar yang terpadu antara pembelajaran daring dan tatap muka. Peran dosen sebagai fasilitator memiliki peran penting dalam membimbing mahasiswa dalam memahami dan mengakses platform flexible learning. Inovasi pembelajaran dapat membuka pintu gerbang menuju pembelajaran blended yang lebih efektif dan interaktif. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan adaptasi dalam lingkungan pembelajaran yang semakin beragam untuk menghadapi tuntutan pendidikan tinggi di era digital.

Keywords


Learning Management System; Blended Learning; E-Learning; Flexible Learning

Full Text:

PDF

References


Bradley, V. M. (2020). Learning Management System (LMS) Use with Online Instruction. International Journal of Technology in Education, 4(1), 68. https://doi.org/10.46328/ijte.36

Dakhi, O., Jama, J., Irfan, D., Ambiyar, & Ishak. (2020). Blended learning: a 21st century learning model at college. International Journal Of Multi Science, 1(7), 50–65.

Nababan, K. R. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pendidikan Berbasis Teknologi di FKIP UKSW. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 14(2), 180–185.

Permatasari, C. L. (2022). THE IMPROVEMENT OF STUDENTS LEARNING OUTCOMES THROUGH E-LEARNING MODEL WITH GOOGLE MEET. Perspektif Ilmu Pendidikan, 36(1), 35-53. https://doi.org/10.21009/PIP.361.5

Putri, E., & Sari, F. M. (2020). Indonesian Efl Students’ Perspectives Towards Learning Management System Software. Journal of English Language Teaching and Learning, 1(1), 20–24. https://doi.org/10.33365/jeltl.v1i1.244

Wahyudi, W., Nababan, K. R., Nova, T., Yunianta, H., Prihatnani, E., & Kusuma, D. (2021). Innovative Online Learning Based on 3CM ( Cool- Critical-Creative-Meaningful ) Learning to Increase Creativity and Good Character of Elementary School Students During the Covid-19 Pandemic. 3, 940–949.




DOI: https://doi.org/10.32502/sa.v5i2.7123

Refbacks