PELATIHAN PENGEMBANGAN KREATIVITAS DESIGN MOBILE DI ERA DIGITAL DENGAN APLIKASI CANVA PADA PELAKU UMKM DI DESA MOJOSARI KABUPATEN MALANG

Dyah Ayu Pramodha Wardhani, Wuli Oktiningrum, Adzimatnur Muslihasari, Andi Wibowo

Abstract


Dalam rangka mengimplementasikan kebijakan Otonomi Daerah, yaitu melaksanakan pembangan ekonomi yang merata pada semua daerah termasuk daerah tertinggal, maka Pemerintah Indonesia menaruh perhatian besar terhadap pengembangan dan pembangunan desa. Kegiatan pengembangan desa meliputi meningkatkan infrastuktur, meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta meningkatkan kelembagaan desa. Sedangkan pembangunan desa meliputi pemerintahan desa, pembinaan masyarakat serta pemberdayaan masyarakat. Salah satu pembangunan desa yang dapat dilakukan yaitu mengadakan pelatihan branding desain kemasan produk UMKM Desa. Metode pelatihan yang dilakukan berbentuk pelatihan pengenalan desain menggunakan aplikasi canva untuk masyarakat di Desa Mojosari khususnya pelaku UMKM di Kabupaten Malang. Kegiatan pelatihan ini ditunjang dengan  ceramah, tanya jawab, dan tentu saja praktek secara langsung di aula balai desa Mojosari. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bersaing pada sektor UMKM  dan meningkatan ketrampilan desain dengan aplikasi canva dalam keidupan sehari- hari. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dalam pelatihan dapat disimpulkan bahwa dari hasil pengisian kuesioner rata-rata 82,91% menunjukkan indeks sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan canva menunjukkan dampak positif bagi peserta pelatihan.

Keywords


Pengabdian Masyarakat, Pelatihan, Canva, UMKM

Full Text:

PDF

References


Al Farisi, S., Iqbal Fasa, M., & Suharto. (2022). Peran Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1), 73–84. https://doi.org/10.53429/jdes.v9ino.1.307

Hamza, L. M., & Agustien, D. (2019). Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 8(2), 127–135. https://doi.org/10.23960/jep.v8i2.45

Hasan, S. (2018). Sistem Perencanaan Pembangunan dalam Penataan Hukum Nasional. Meraja Journal, 1(3), 55–65.

Putra, A. H. (2018). Peran Umkm Dalam Pembangunan Dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2). https://doi.org/10.20961/jas.v5i2.18162

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952

Sofyan, S. (2017). Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia. Jurnal Bilancia, 11(1), 33–59. Retrieved from https://jurnal.iainpalu.ac.id/index.php/blc/article/view/298/216

Suryani, E. (2006). Analisis Total Faktor Produktivitas Dan Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Selatan. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 4(2), 93–105.

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588

Utari, T., & Dewi, M. P. (2016). Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan Dan Teknologi Terhadap Umkm Di Kkawasan Imam Bonjol Denpasar Barat. E-JURNAL EP Unud, 3(12), 576–585.




DOI: https://doi.org/10.32502/sa.v5i2.7406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.