Menganalisis Nilai-Nilai Prasasti Kota Kapur Dalam Buku Teks Ips Sejarah Sebagai Sumber Pembelajaran Untuk Guru Dan Peserta Didik Di Sekolah Sma N 1 Jebus, Bangka Barat

Nur Syafarudin, Kabib Sholeh, Sukardi Sukardi, Ahmad Zamhari, Dina Sri Nindiati, Nur Ardyansah, M Abizar

Abstract


Pembelajaran sejarah dengan buku teks sebagai sumber belajar utama tidak hanya mengajarkan materi, namun dalam materi terdapat tema-tema yang berhubungan dengan lingkungan peserta didik seperti prasasti kota kapur. Dalam pelatihan ini bertujuan utnuk mengetahui nilai-nilai prasasti kota kapur dalam buku teks dengan pendekatan teori analisis. Metode pelatihan diantaranya ceramah, tanya jawab dan analisis buku teks sejarah. Hasil dari pelatihan ini bahwa peserta didik dan guru dapat memahami nilai-nilai prasasti kota kapur dalam buku teks melalui analisis. Bahkan peserta didik dan guru mengetahui muatan sejarah lokal dalam buku teks melalui tema-tema. Selain itu guru dan peserta didik dapat menerapkan nilai-nilai dalam praasasti kota kapur dari analisis yaitu nilai kehidupan sosial dan ekonomi, religi, bahasa dan ilmu pengetahuan. Disimpulkan bahwa prasasti kota kapur dalam buku teks sejarah dengan pendektan analisis dapat mengetahui muatan nilai-nilai.

Keywords


analisis; nilai-nilai; prasasti kota kapur; buku teks sejarah

Full Text:

PDF

References


Amelia, R. (2017). Kota Kapur Bukan Jajahan Kerajaan Sriwijaya. Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. https://serumpun.babelprov.go.id/drninny-soesanti-kota-kapur-bukan-jajahan-kerajaan-sriwijaya

Basri, W. (2021). Pengembangan Materi Ajar Sejarah Bermuatan Lokal Pada SMAN Di Sumatera Barat. Diakronika, 21(2), 186–198. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol21-iss2/210

Indradjaja, A., & Siregar, D. A. (2016). Dermaga Kuna di Situs Kota Kapur dan Analisis Pertanggalan Absolut. KALPATARU, 25(1), 15. https://doi.org/10.24832/kpt.v25i1.80

Prihadi Dwi Hatmono. (2021). Historiografi Buku Teks Sejarah Lokal Pada Pembelajaran Sejarah. Sabbhata Yatra: Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 2(1), 60–74. https://doi.org/10.53565/sabbhatayatra.v2i1.279

Sholeh, K. (2023). Values in Indonesian History Textbook. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 10(10), 60. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v10i10.5078

Sholeh, K., Srinindiati, D., Suriadi, A., Ahyani, N., Suryani, I., Zamhari, A., Chairunisa, E. D., & Idris, M. (2019). Nilai-Nilai Situs Bersejarah di Sumatera Selatan Sebagai Penguat Karakter di SMK PGRI Lahat. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 235. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v2i03.3552

Supriatna, N. (2021). The Creative History Teacher as A Creative Historian. Paramita: Historical Studies Journal, 31(2). https://doi.org/10.15294/paramita.v31i2.31341

Syafarudin, N., Idris, M., Agustina, E., Sukardi, Wandiyo, Zamhari, A., Nindiati, D. S., Suriadi, A., Sholeh, K., & Choirunisa, E. D. (2023). Pelatihan Analisis Buku Teks Pelajaran Sejarah. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 130–137. https://doi.org/https://doi.org/10.46368/dpkm.v3i2.1049

Syafarudin, N., & Mursidi, A. (2023). Local Maritime Kingdoms in the Nusantara Archipelago (Study of High School Social Studies History Textbook) Kerajaan-Kerajaan Maritim Lokal di Nusantara (Kajian Buku Teks Pelajaran IPS Sejarah SMA). Santhet : Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora, 8(1), 11–25. https://doi.org/https://doi.org/10.36526/santhet.v8i1.3164

Syafarudin, N., Supriatna, N., Mulyana, A., & Yulifar, L. (2022). Nilai-Nilai Maritim Di Perairan Sungai Musi Palembang. CV. Amanah.

Dijk, T. A. van. (1993). Principles of Critical Discourse Analysis. Discourse & Society, 4(2), 249–283. https://doi.org/10.1177/0957926593004002006




DOI: https://doi.org/10.32502/sa.v6i1.7706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.