Menggali Kreativitas Melalui Pelatihan UI Untuk Membangun Antar Muka Digital yang Menarik Bagi Ikatan Remaja Rw 07 Margonda

Siti Ernawati, Eka Rini Yulia, Lestari Yusuf, Muhamad Ryansyah

Abstract


Era digitalisasi, antarmuka digital yang menarik dan mudah digunakan menjadi krusial bagi organisasi seperti Ikatan Remaja RW 07 Margonda untuk tetap relevan dan efektif dalam berkomunikasi dan berorganisasi. Namun, banyak anggota belum memiliki pengetahuan atau keterampilan dalam desain UI, sehingga diperlukan suatu program pelatihan untuk mengatasi masalah ini. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota dalam desain antarmuka pengguna (UI). Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membangun antarmuka digital yang menarik dan intuitif bagi Ikatan Remaja RW 07 Margonda dan pengembangan keterampilan praktis dalam merancang antarmuka digital yang menarik. Tools yang akan digunakan dalam pelatihan ini menggunakan Figma. Salah satu fitur unggul yang dimiliki oleh Figma adalah kemampuannya untuk memfasilitasi kolaborasi beberapa pengguna dalam bekerja pada proyek yang sama secara langsung dan secara real-time. Luaran yang ditargetkan yaitu peningkatan pemahaman dan keterampilan serta kreativitas peserta tentang desain antarmuka pengguna (UI), artikel yang dipublikasikan pada jurnal abdimas nasional terakreditasi dan pressrelease.

Keywords


Antarmuka Pengguna, Figma, Kreativitas, Pelatihan, User Interface

Full Text:

PDF

References


Adila and I. N. Nadhifah, “Pelatihan Keterampilan Desain UI/UX Bagi Karang Taruna dan Taman Bacaan Masyarakat Candiretno,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), vol. 4, no. 4, pp. 4201–4206, 2023.

Dafitri, E. Panggabean, N. Wulan, A. J. Lubis, S. Khairani, and A. P. Humaira, “Pelatihan Desain UI / UX Website UMKM Profile Labscarpe Dengan Aplikasi Figma,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), vol. 3, no. 2, pp. 1972–1980, 2023.

Ernawati, L. Yusuf, E. R. Yulia, and M. Ryansyah, “Pendampingan Untuk Meningkatkan Keterampilan PKK Kelurahan Paledang Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Sheet,” JURNAL ARUNA MENGABDI ( ARMI ), vol. 1, no. 1, pp. 11–16, 2023.

Hasanah, E. H. Hermaliani, and N. Merlina, “Pelatihan Desain UI / UX Mobile Apps Untuk Remaja Masjid Jakarta Islamic Centre Menggunakan Figma,” Literasi (Jurnal Pengabdian pada Masyarakat), vol. 3, no. 1, pp. 1–6, 2023.

Mirza, K. Fatoni, and S. Ernawati, “Implementasi Metode Design Thinking Untuk Perancangan UI / UX Aplikasi Manajemen Surat,” KLIK (Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer), vol. 11, no. 1, pp. 1–13, 2024.

Pramudita, R. W. Arifin, A. N. Alfian, N. Safitri, and S. Dina, “Penggunaan Aplikasi Figma Dalam Membangun UI/UX Yang Interaktif Pada Program Studi Teknik Informatika STMIK Tasikmalaya,” Jurnal Buana Pengabdian, vol. 3, no. 1, pp. 149–154, 2021.




DOI: https://doi.org/10.32502/sa.v6i1.8336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.