Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Literasi Spasial

Sukmawati Sukmawati, Ria Ristiani, Tiffany Shahnaz Rusli, Chelsi Yuliana S

Abstract


Keterbatasan media pembelajaran yang dapat memvisualiasikan bentuk-bentuk geometri di SD Inpres SKP F3 Arso membuat pendidik perlu berinovasi menyediakan media pembelajaran yang dapat dilihat dan diakses kapanpun oleh siswa. Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru-guru SD Inpres SKP F3 Arso dalam membuat media pembelajaran berupa media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan keterampilan spasial siswa yang akan berdampak pada kualitas pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan yaitu tahap persiapan, implementasi dan pendampingan, serta evaluasi dan keberlanjutan program.  Melalui  kegiatan ini para guru dapat meningkatkan keterampilannya membuat media interaktif  sesuai dengan mata pelajaran dan materi  yang akan diberikan  dalam pembelajaran di kelas.

Keywords


Pelatihan; Media Interaktif; Literasi Spasial

References


Clements, D. H., & Battista, M. (1992). Geometry and spatial reasoning, Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning. https://www.researchgate.net/publication/284661595

Faudah, C. M., Alwin, A., & Savitri, A. J. (2023). Pemanfaatan Media Interaktif Google Earth untuk Meningkatkan Pemahaman Spasial Siswa. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 13, 118–122. https://doi.org/10.30595/PSSH.V13I.892

Lange, J. de. (2006). Mathematical Literacy for Living From Oecd-Pisa Perspective. Tsukuba Journal of Educational Study in Mathematics, 25, 13–25. https://www.criced.tsukuba.ac.jp/math/sympo_2006/lange.pdf

Mas’udah, I. L., Sudirman, S., Susanto, H., & Rofiki, I. (2021). FENOMENA LITERASI SPASIAL SISWA: STUDI PADA GEOMETRI RUANG. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(2), 155. https://doi.org/10.24853/fbc.7.2.155-166

Ningsih, I. P., Budiarto, M. T., & Khabibah, S. (2021). LITERASI SPASIAL SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI DITINJAU DARI PERBEDAAN GAYA BELAJAR. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1531. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3650

Nugrahani, A. G. (2024). Pengaruh Lego sebagai Media Interaktif terhadap Peningkatan Kecerdasan Spasial-Visual dan Keterampilan Kognitif dalam Pembelajaran Geometri Bangun Ruang. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5), 475–483. https://doi.org/10.5281/ZENODO.11503640

Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645.




DOI: https://doi.org/10.32502/sa.v7i1.9756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.