Pendampingan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Moda Luring dan Daring Bagi Guru Kampus St. Bernadus Kota Madiun Jawa Timur

Kristophorus Divinanto Adi Yudono

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas menjadi salah satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan serta mengembangkan kompetensi guru. Selain itu, penulisan PTK menjadi salah satu penunjang kepangkatan seorang pendidik. Tahapan awal PTK adalah permasalahan pembelajaran yang diketahui melalui proses refleksi. Meski demikian, masih terdapat guru-guru yang memiliki rutinitas refleksi pembelajaran. Selain itu, pemahaman tentang sistematika penulisan PTK masih terbatas. Kondisi ini tampak pada sekolah mitra, yakni pada guru-guru di Kampus St. Bernadus Kota Madiun. Pengabdian ini dilakukan dengan dua tujuan, antara lain (1) melatih guru merefleksikan kegiatan belajar untuk menganalisis permasalahan pembelajaran, serta menentukan tindakan untuk mengatasi masalah tersebut, dan (2) melatih guru menuliskan PTK sesuai dengan sistematika penulisan dan ketepatan setiap bagian. Peserta pengabdian terdiri atas guru PAUD, SD, dan SMP yang berada di bawah naungan Yayasan Taruna Bhakti Kota Madiun. Pendampingan dilakukan dengan strategi PAR, dengan keterlibatan pelaksana secara penuh. Selain pendampingan tatap muka, pendampingan juga dilakukan secara online dengan memanfaatkan WhatsApp dan Google Spreadsheet. Berdasarkan proses pendampingan selama sepekan, diketahui bahwa guru dapat merefleksikan pembelajaran, menemukan permasalahan pembelajaran, serta menentukan alternatif solusi untuk mengatasi kendala belajar tersebut. Guru juga dapat mengetahui sistematika penulisan PTK melalui identifikasi karya yang telah terpublikasi.


Keywords


Penelitian Tindakan Kelas; pendampingan; luring; daring; St.Bernadus Kota Madiun

Full Text:

PDF

References


Abdillah, F. (2017). Revitalisasi kemampuan Refleksi Mahasiswa Calon Guru Melalui Penulisan Jurnal Perkuliahan PPKN. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1):8-15. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6148

Anwar, B. (2019). Kompetensi Pedagogik sebagai Agen Pembelajaran. Shaut Al Arabiyyah, 6 (2), 114-125. DOI: https://doi.org/10.24252/saa.v6i2.7129

Asrin, A., Karta, I. W., Waluyo, U., & Muntari, M. (2020). Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Inovatif Bagi Guru SMAN 1 Kopang Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(1). DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i1.417

Astutik, Sri., Subiki., Singgih Bektiarso. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 54-62. DOI: https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i1.5

Dudung, A. (2018). Kompetensi profesional guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1):9–19. DOI: https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02

Ekawarna, E., Salam, M. ., & Anra, Y. (2021). Memilih Masalah Untuk Penelitian Tindakan Kelas: Bahan kajian untuk pelatihan Guru menyusun Laporan hasil PTK. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(1), 52-62. Retrieved from https://onlinejournal.unja.ac.id/JKAM/article/view/13805

Fitria, H., Kristiawan, M., Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4 (1), 14-25. DOI: https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690

Sudarmanto Jayanegara, Asri Ismail, Asis Nojeng, Muhammad Fajar B, Dary Mochamad Rifqie, Muhammad Akil, & Fhatiah Adiba. (2023). PKM Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru di Kabupaten Sidrap. Vokatek: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 82–86. DOI: https://journal.diginus.id/index.php/VOKATEK/article/view/87

Jimat, I. M. (2022). Kegiatan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Journal of Education Action Research, 6(4), 466–474. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45874

Kaleka, Melkyanus Bili Umbu., Hamsa Doa, Ilyas Ilyas, Yulius Saprianus Dala Ngapa, Richardo Barry Astro, Yasinta Embu Ika. (2022). Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru MTs Negeri 3 Ende. Jurnal Pengabdian Undikma, 3 (2), 342-347. DOI: https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5315

Mansyur, U., & Rahmat, R. (2019). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru MTs Mizanul ‘Ulum Desa Sanrobone Kabupaten Takalar. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(2), 47-54. DOI: https://doi.org/10.30734/j- abdipamas.v3i2.464

Prihatni, R., Sumiati, A., Sariwulan, T. (2019). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru-Guru Yayasan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 112- 123. DOI: https://doi.org/10.21009/JPMM.003.1.08

Seco, V.Y.R., & Cendana, W. 2022. Penerapan Refleksi Pribadi Untuk Membantu Guru Menjalankan Peran Sebagai Fasilitator Pada Pembelajaran Daring. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2):103–116. DOI: https://doi.org/10.53977/ps.v1i02.371

Susanti, S., Wijayanti, A., Ernawati, T., & Indahsari, R. N. (2022). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru di masa Pandemi. Jurnal Abdi Insani, 9(2), 598-606. DOI: https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i2.628

Trisdiono, H. (2015). Analisis Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: LPMP.




DOI: https://doi.org/10.32502/se.v1i2.7237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: