Pendampingan Literasi Numerasi dengan Metode KORAN (Kolaborasi Pembelajran) di SD Negeri Pusbasana 01
Abstract
Tujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa di SD Negeri Purbasana 01 dengan melakukan pendampingan metode KORAN. Metode pendampingan KORAN dengan melalui beberapa tahapan yaitu observasi, pretest AKM, pendampingan, Post Test AKM, serta evaluasi. Hasil dari pendampingan adalah adanya peningkatan kemampuan literasi numerasi pada siswa SD Negeri Purbasana 01 ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada pre test yaitu 18,91 menjadi 78,26 saat post test.
Full Text:
PDFReferences
Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan literasi sekolah dan literasi numerasi melalui model blanded learning pada siswa kelas v sd kota singaraja. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269-283.
Fahrianur, F., Monica, R., Wawan, K., Misnawati, M., Nurachmana, A., Veniaty, S., & Ramadhan, I. Y. (2023). Implementasi Literasi di Sekolah Dasar. Journal of Student Research, 1(1), 102-113.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Gerakan literasi nasional. Retrieved from http://gln.kemdikbud.go.id.
Kurniawan, S., Lusiana, R., & lilik Gunarso, A. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA KELAS 5 SDN JERUK. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2454-2464.
Latifah, L., & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program CALISTUNG untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5021-5029.
Lestari, M. W., Rahmadhani, I. N., Huda, M., Na’im, H., Kusuma, R. A., & Munahefi, D. N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Berbasis Literasi dan Numerasi di SDN 3 Krakitan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 88-97.
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69-88.
Sari, N. S., Natuna, D. A., & Achmad, S. S. (2023). Optimalisasi Pendidikan Literasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Teknik Belajar Mind-Mapping. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 7471-7482.
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916-924.
Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina, M., & Rohati, R. (2021). Efektivitas video pembelajaran matematika untuk mendukung kemampuan literasi numerasi dan digital siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 574-583.
Wulandari, M. D. (2021). Pengelolaan pembelajaran berorientasi literasi numerasi di Sekolah Dasar dalam kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(2), 116-131.
DOI: https://doi.org/10.32502/se.v1i2.7441
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: