STIMULASI PADA ANAK TK DI BUKITTINGGI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN ANAK

Rina Mariyana, Silvia Silvia, Wiwit Febrina, Cory Febrina, Mesy Yunia Sari, Siska Rahmadiya

Abstract


Pengantar: Sebanyak 250 juta anak gagal mencapai potensi perkembangan mereka di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. 1000 hari pertama kehidupan (kehamilan dan dua tahun pertama) merupakan masa kritis bagi perkembangan otak dan anak. Keluaran dari strategi yang menargetkan perkembangan anak mencakup stimulasi praktik di rumah (kesempatan belajar sejak dini seperti menyanyi/bercerita) dan pengetahuan pengasuh tentang perkembangan anak. Perkembangan anak mengintegrasikan beberapa domain yang saling bergantung, namun hanya sedikit pengabmas yang mencoba mengidentifikasi faktor-faktor umum yang berkontribusi terhadap berbagai domain perkembangan pada sekolah. Tujuan dari pengabmas ini adalah untuk mengidentifikasi pencapaian perkembangan pada anak usia sekolah Metode: Kami menggunakan data dari Children’s Student, sebuah studi di sekolah satu sekolah bukittinggi. Menalukan pengisian kuesioner KPSP menurut usia anak dalam rangka melihat perkembangan anak. Skala perkembangan anak digunakan untuk mengevaluasi hasil perkembangan anak. Hasil: Sebanyak XX anak dilibatkan dalam analisis ini. Setelah disesuaikan dengan variabel lingkungan menunjukkan bahwa stimulasi kognitif ibu yang lebih besar dikaitkan dengan perkembangan motorik halus, motorik kasar, bahasa reseptif, bahasa ekspresif, hubungan sosial,. Hasilnya juga menunjukkan bahwa pola asuh suportif sejak dini membantu mendorong perkembangan dalam manipulasi, bahasa reseptif, dan hubungan sosial. Kesimpulan: Pola asuh yang suportif dan stimulasi kognitif ibu merupakan kontributor paling penting bagi sebagian besar domain perkembangan anak.

References


Celhay, P., Martinez, S., & Vidal, C. (2020). Measuring Socioeconomic Gaps In Nutrition

And Early Child Development In Bolivia. 1, 1–26.

Cheng, S., Maeda, T., Tomiwa, K., Yamakawa, N., Koeda, T., Kawai, M., Ogura, T., &

Yamagata, Z. (2009). Contribution Of Parenting Factors To The Developmental

Attainment Of 9-Month-Old Infants : Results From The Japan Children ’ S Study. 19(6),

–327. Https://Doi.Org/10.2188/Jea.JE20081014

Choo, Y. Y., Yeleswarapu, S. P., How, C. H., & Agarwal, P. (2019). “Developmental

Assessment: Practice Tips For Primary Care Physi Cians”. Singapore Medical Journal,

(2), 57

Donald, K. A., Wedderburn, C. J., Barnett, W., Nhapi, R. T., Rehman, A. M., Stadler, J. A.,

Hoffman, N., Koen, N., Zar, H. J., & Stein, D. J. (2019). “Risk And Protective Factors

For Child Development: An Observational South African Birth Cohort”. Plos Medicine,

(9), E1002920.

Fink, G., Peet, E., Danaei, G., Andrews, K., Mccoy, D. C., Sudfeld, C. R., Smith Fawzi, M.

C., Ezzati, M., & Fawzi, W. W. (2016). “Schooling And Wage Income Losses Due To

Early?Childhood Growth Faltering In Developing Countries: National, Regional, And

Global Estimates”. The American Journal Of Clinical Nutrition, 104(1), 104–112

Perkins, J. M., Kim, R., Krishna, A., Mcgovern, M., Aguayo, V. M., & Subramanian, S.

(2017). “Understanding The Association Between Stunting And Child Development

In Low?And Middle?Income Countries: Next Steps For Research And Intervention”.

Social Science & Medicine, 193, 101–109.

ELLINGTON, A. S. (2011). THE ROLE OF FAMILY TIME ON A YOUNG CHILD ‘ S

OVERALL DEVELOPMENT By Submitted In Partial Fulfillment Of The

Requirements For The Degree Of Master Of Science In The Department Of Human

Development And Family Studies In The Graduate School Of The University.

Lilia Bliznashkaid1*, Ifeyinwa E. Udo2, Christopher R. Sudfeldid1, 3, Wafaie W. Fawzi1, 3,

, A. K. Y. (2022). Associations Between Young Children ’ S Development And Their

Caregiver ’ S Practices And Knowledge About Child Development In Soweto ,

Johannesburg Candidate ’ S Declaration. May.

UNICEF, World Bank. (2023). Joint Child Malnutrition Estimates: Key Findings Of The

Edition, Levels And Trends In Child Mal Nutrition. WHO.

Wacharasin, C. (2001). PR




DOI: https://doi.org/10.32502/se.v2i1.9714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: