PROBLEMATIKA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA PELAJARAN MATEMATIKA SMP DI BREBES

Ek Ajeng Rahmi Pinahayu

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui permasalahan apa saja yang ditemukan pada penerapan pembelajaran problem solving dan bagaimana solusi yang ditawarkan terkait permasalahan pada penerapan pembelajaran problem solving. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Brebes. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode analisis kritis dan metode kepustakaan. Pembelajaran problem solving pada pelajaran matematika dengan menghasilkan hasil belajar yang lebih baik adalah dengan memodifikasi pada tahap pertama dalam proses pembelajaran, yaitu dengan memaksimalkan peran guru, yaitu dari menjelaskan materi menjadi menyampaikan indikator pencapaian kompetensi dasar dan memberikan motivasi kepada siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran, ditambahkannya langkah siswa menuliskan masalah dengan kata-kata sendiri dan membuat tabel, diagram, gambar, atau visualisasi lainnya agar siswa lebih memahami masalah, proses pembelajaran hendaknya dengan berdiskusi, guru seharusnya sudah membaca dan memahami langkah-langkah dalam model pembelajaran problem solving, dan assessment system harus berbentuk soal uraian

Keywords


Problematika, Model Pembelajaran, Problem Solving

Full Text:

PDF


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED by :