PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SEJARAH LOKAL DI KELAS VIII DI SMP NEGERI 34 PALEMBANG

Rizky Randika, Sani Safitri

Abstract


Pelajaran Sejarah adalah pelajaran dan materi pelajaran yang seringkali kurang diminati siswa
serta dianggap kurang penting bagi kehidupan. Padahal pelajaran dan materi sejarah sangatlah
penting jika kita dapat mengetahui manfaat mempelajari dan mengambil intisarinya. Untuk
mengatasi hal tersebut, pelajaran dan materi sejarah dapat dibuat dengan lebih menarik dengan
menggunakan media pembelajaran visual berbasis canva. Penelitian yang dilakukan di SMP
Negeri 34 Palembang menunjukkan keefektifan media pembelajaran berbasi canva dalam materi
sejarah lokal. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran
berbasis canva¸tingkat pemahaman peserta didik mengenai materi sejarah lokal meningkat
hingga 82,4%. Media pembelajaran berbasis canva dapat dijadikan pendidik sebagai salah satu
cara meningkatkan hasil belajar.


Keywords


Media, sejarah, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


KBBI. (t.thn.). Pembelajaran. Diambil kembali dari https://kbbi.web.id/ajar

Larasati, A. (2022, September 7). Apa Itu Canva dan Bagaimana Cara Menggunakannya? Indonesia. Diambil kembali dari https://www.gamelab.id/news/1824-apa-itu-canva-danbagaimana-caramenggunakannya

Rahmawati, P. (2019). Pengembangan Picture Storybook Masa Penjajahan Portugis di Indonesia guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Sejarah dan Semangat Kebangsaan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Yogyakarta: Skripsi S2 Universitas Negeri Yogyakarta.

Tati, A. D. (2016). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Muatan Lokal Sejarah dan Budaya Kabupaten Bone di Sekolah Dasar. 73-86.

Wahyudi, M. A. (2014). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI GAYA SISWA KELAS V MI DARUL ULUM TAMBAK REJO WARU SIDOARJO. Surabaya: Undergraduate Thesis UIN Sunan Ampel Surabaya.

Dapodikbud. (2023). (10603737) SMP NEGERI 34 PALEMBANG. Palembang. Diambil kembali dari https://sekolah.data.kemdikbu d.go.id/index.php/chome/profi l/d0ae8947-1526-e111-be32- 61c033f87108

Najamuddin. (2019, Oktober 25). REDEFENISI PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI STRATEGI BELAJAR MENGAJAR. Bandung, Jawa Barat. Diambil kembali dari http://sejarah.upi.edu/artikel/ dosen/redefenisipembelajaran-sejarah-melaluistrategi-belajar-mengajar/

Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Kurniawan, G. F. (2020). Problematika pembelajaran sejarah dengan sistem daring. Diakronika, 20(2), 76-87.

Saiman, M. (2011). Inovasi metode pembelajaran sejarah. LENTERA (Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Budaya, dan Sosial), 2(04), 73-85. Hartono, Y., & Huda, K. (2019). Pembelajaran Sejarah Transformatif untuk Materi Sejarah Kontroversial. Madiun: UNIPMA Press.

Wati, W. (2016). TINJAUAN HISTORIS TENTANG PERJUANGAN MARIA WALANDA MARAMIS DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN DI MINAHASA TAHUN 1900-1924. Lampung: Digital Repository Universitas Lampung




DOI: https://doi.org/10.32502/jdh.v3i2.7262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Danadyaksa Historica

 Indexed by :