Pengukuran Kenyamanan Pencahayaan Buatan pada Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Bandarlampung

Ai Siti Munawaroh, Fitriana Nurbaiti

Sari


Perpustakaan merupakan salah satu tempat yang seharusnya sering dikunjungi oleh masyarakat.  Karena sesuai amanat UUD 1945, perpustakaan merupakan wadah mencerdaskan kehidupan bangsa. Namun, dari hari ke hari, pengunjung perpustakaan di Bandarlampung semakin menurun.

Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui kondisi intensitas pencahayaan buatan didalam ruang Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Bandar Lampung dan Mengetahui tanggapan pengunjung mengenai kenyamanan pencahayaan buatan di  dalam ruang Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Bandarlampung.

Metode yang digunakan yaitu dengan pengukuran dan pembagian kuesioner. Hasil dari pengukuran akan dijelaskan secara deskriptif untuk mengetahui tingkat kenyamanan terhadap pencahayaan buatan. Teknis analisis dalam penelitian ini membandingkan hasil data tingkat kenyamanan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Bandar Lampung berdasarkan SNI 03-6197-2000 Konservasi Enegi pada Sistem Pencahayaan tentang tata cara perancangan sistem pencahayaan buatan pada bangunan gedung.

Hasil penelitian menunjukan intensitas cahaya buatan pada Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Bandarlampung termasuk kurang baik. Karena dari hasil data terlihat banyak titik pencahayaan yang tidak memenuhi standar SNI pencahayaan buatan. Disisi lain, berdasarkan pendapat pengunjung dapat disimpulkan pengunjung Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Bandarlampung merasa fokus saat berada di dalam gedung, namun pencahayaan buatan yang kurang membuat pengunjung merasa kurang nyaman di bagian rak penyimpanan buku.


Kata Kunci


pengukuran; pencahayaan; pencahayaan buatan; perpustakaan; bandarlampung

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arti, T. Y., & Yulianto, A. R. (2015). Fasilitas Perpustakaan Universitas dan Minat Berkunjung Mahasiswa. Cakrawala Vol.9 No.1 , 55-58.

Maulida, H. N. (2015). Peran Perpustakaan Daerah dalam Pengembangan Minat Baca di Masyarakat. Iqra' Volume 09 No.02 , 235-251.

Mohanty, S. (2002). Physical Comfort in Library Study Environmnets: Observations in Three Undergrauate Settings. Chapel Hill: University of North Carolina.

Muhtadien, S., & Krismayani, I. (2017, Januari 13). ejournal3.undip. Retrieved Desember 28, 2017, from ejournal3.undip.ac.id: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/download/23240/21268

Saputra, Y. D. (2017, Desember 28). Lampung Post. Retrieved Desember 29, 2017, from Lampost.co: http://www.lampost.co/berita-pengunjung-perpustakaan-lampung-menurun




DOI: https://doi.org/10.32502/arsir.v3i2.1833

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Indexed by:

   

Arsir : Jurnal Arsitektur is lisenced under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
View My Stats